Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


29 Jun 2020 08:29

10 Alat Seduh Manual Brewing untuk Para Penikmat Kopi

By Cektarif Plus


Metode meracik kopi selalu menjadi pembahasan yang menarik bagi para penikmat kopi. Berbagai metode yang digunakan untuk menyeduh bubuk kopi memiliki keunikan dan citarasa nya tersendiri. Ini lah mengapa metode seduh menjadi faktor penting dalam menghasilkan seduhan kopi nikmat setiap hari.

Umumnya, ada dua metode yang digunakan untuk menyeduh kopi, yaitu metode otomatis dan manual. Nah, metode manual brewing ini semakin digandrungi oleh penikmat kopi di seluruh dunia.

Hal ini terlihat dari banyaknya teknik yang digunakan hanya untuk menghasilkan seduhan kopi terbaik. Selain takaran dan jenis biji kopi, ukuran suhu, teknik penuangan atau pour over juga menjadi sejumlah faktor yang diperhatikan dalam menyajikan kopi dengan metode manual brewing.


Semua teknik itu juga sangat bergantung pada jenis alat yang digunakan. Seiring perkembagannya, alat-alat yang digunakan untuk menyeduh kopi pun kian berkembang. Perkembangan yang paling pesat memang terjadi pada alat-alat manual brewing.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa alat seduh manual brewing untuk para penikmat kopi berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih alat seduh manual brewing beserta cara perawatannya.

Pilih yang sesuai kebutuhan

Sebelum memilih alat yang sesuai, pastikan Anda memahami kebutuhan akan citarasa kopi yang Anda sukai. Jika Anda menggemari kopi yang kental dan kuat, maka pilihlah alat seduh untuk menghasilkan espresso.

Namun, jika Anda menggemari kopi single origin dari berbagai belahan dunia, Anda bisa memilih alat seduh yang mampu menghasilkan citarasa asli dari kopi yang Anda sukai.

Pilih yang original

Saat ini, banyak produk alat seduh kopi yang beredar di pasaran. Namun perlu diingat, tidak semua produk adalah produk asli. Ada beberapa produsen nakal yang sengaja memalsukan produk-produk asli tanpa izin. Walaupun terlihat serupa, produk yang palsu biasanya menghasilkan citarasa kopi yang kurang nikmat.

Perhatikan materialnya

Alat seduh manual dibuat dengan berbagai material. Beberapa di antaranya dibuat dari stainless steel. Ada pula yang dibuat dari plastik akrilik dan kaca pirex.

Beda bahan pembuatnya, beda pula rasa yang dihasilkan dari alat seduh tersebut. Alat seduh berbahan stainless steel misalnya. Alat semacam ini cenderung menyimpan panas dalam waktu yang lebih lama. Jika Ada menyukai citarasa kopi yang lebih tebal, Anda bisa menggunakan alat berbahan stainless steel.

Namun, jika Anda menginginkan citarasa kopi yang lebih ringan dan lembut, Anda bisa mempertimbangkan alat seduh kopi berbahan plastik akrilik food grade dan yang terbuat dari kaca.

Ketahui teknik seduhnya

Berbeda alat seduh, beda pula teknik yang digunakan untuk menyeduh kopi. Alat seduh manual berbentuk gelas misalnya, untuk menyeduh kopi menggunakan alat ini, Anda cukup mengucurkan air panas dengan formasi memutar searah jarum jam.

Sebelum mendapatkan takaran yang diinginkan, Anda harus mengukur waktu yang pas untuk melepaskan gas karbon pada bubuk kopi. Proses ini disebut blooming. Blooming atau proses saat bubuk kopi tampak seperti mekar adalah proses terpenting dalam menghasilkan citarasa kopi yang nikmat.

Ketahui takaran dan tingkat kehalusan bubuk kopi

Menyeduh kopi menggunakan metode manual brewing, umumnya menggunakan bubuk kopi yang tidak terlalu halus. Beberapa orang justru gemar menikmati kopi yang digiling kasar (coarse), ada pula yang gemar menyeduh bubuk kopi dengan level medium-to-fine atau yang tingkat kekasarannya lebih kasar dari butiran gula.

Selain grind size (ukuran kehalusan biji kopi), Anda juga harus memperhatikan takaran yang paling tepat digunakan pada alat seduh yang Anda pilih. Semakin besar ukuran alat seduh nya, maka semakin banyak pula takaran kopi yang bisa Anda seduh menggunakan alat tersebut.

Tips merawat alat seduh kopi manual

Setelah mengetahui cara memilih alat seduh kopi manual, Anda juga harus mengetahui cara merawat alat seduh yang Anda miliki agar lebih awet dan tahan lama. Berikut ini tips merawat alat seduh kopi manual :

  • Bilas alat seduh kopi setelah digunakan. Sisa seduhan kopi dan ampas bubuk kopi yang menempel pada alat seduh berpengaruh pada citarasa seduhan yang dihasilkan. Jika tidak dibersihkan, sisa-sisa kopi yang menempel akan menimbulkan jamur yang berbau tak sedap.
  • Biasakan pre-heat sebelum menyeduh. Ada baiknya Anda melakukan pre-heat, atau memanaskan alat seduh manual sebelum digunakan. Alat seduh yang dalam keadaan dingin akan memuai atau bahkan retak jika langsung dikucuri air panas. Pre-heat ibarat mempersiapkan alat seduh dengan air hangat agar tidak kaget ketika terkena air panas.
  • Bersihkan alat seduh dengan busa yang lembut. Anda bisa menggunakan sikat berbahan lembut untuk menggosok bagian yang sulit dijangkau. Bersihkan alat seduh Anda dengan hati-hati untuk menghindari resiko tergores.
  • Jangan gunakan sabun saat mencuci alat seduh. Biji dan bubuk kopi memiliki sifat yang dapat menyerap aroma di sekitarnya. Maka dari itu usahakan agar tidak mencuci alat seduh manual Anda menggunakan sabun. Busa sabun yang tersisa dan menempel akan diserap oleh bubuk kopi, sehingga membuat hasil seduhan menjadi tidak nikmat.
  • Simpan alat seduh pada rak khusus. Jika memungkinkan, simpanlah alat-alat seduh kopi manual Anda pada rak atau lemari khusus. Anda bisa membuat rak khusus alat seduh menggunakan bahan sederhana seperti kayu dan paralon.

10 Alat seduh manual brewing untuk para penikmat kopi

Setelah Anda mengetahui cara memilih dan merawat alat seduh kopi manual, maka perkenankan kami merekomendasikan kepada Anda alat seduh kopi manual brewing dari berbagai merek berikut ini :

10. Brewista Gooseneck Electric Kettle

brewista_gooseneck_electric_kettle

Harga : Rp 2.315.000

Digunakan untuk semua metode manual brewing

Gooseneck kettle atau teko leher angsa merupakan alat wajib yang digunakan untuk metode manual brewing. Salah satu gooseneck terbaik di kelasnya adalah Brewista Gooseneck Electric Kettle.

Dengan kapasitas 600 mili leter, teko ini dirancang khusus untuk menghasilkan kucuran yang presisi. Selang kucur yang panjang dan meruncing di ujungnya, memudahkan Anda untuk mengatur tekanan air yang tertuang pada bubuk kopi.

Material khusus yang digunakan Brewista, menjadikan suhu air lebih konsisten. Anda juga tidak perlu memanaskannya di atas bara api karena teko ini dipanaskan dengan kompor listrik. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

9. Kalita Flat Bottom Ceramic White

kalita_flat_bottom_ceramic_white

Harga : Rp 185.000

Hasilkan citarasa kopi yang tebal dan nikmat

Kalita merupakan salah satu produsen alat seduh kopi ternama di dunia. Salah satu produk andalannya adalah Kalita Flat Bottom Ceramic. Dirancang khusus untuk menghasilkan seduhan yang konsisten, Kalita Flat Bottom Ceramic sangat cocok bagi Anda yang menginginakan citarasa kopi yang tebal dan nikmat.

Tiga lubang yang ada pada alas dripper ini berfungsi untuk mencegah over-eksraksi. Bahan keramik yang digunakan berfungsi untuk menjaga suhu air agar tidak cepat turun.Anda bisa membeli produk di Shopee.

8. Hario V60

hario_v60

Harga : Rp 87.500

Mampu hasilkan ribuan rasa

Hario merupakan saingan terberat Kalita untuk urusan manual brewing. Seiring perkembangannya, Hario V60 termasuk dalam salah satu alat seduh manual terbaik. Konsep V60 hadir dari sudut 60 derajat yang dirancang khusus dengan guratan spiral pada alat ini.

Berbeda dari Kalita Flat Bottom, Hario V60 hanya mengandalkan satu lubang bergerigi pada ujung corong ekstraksinya. Guratan spiral yang ada pada alat ini berfungsi untuk mengontrol aliran air pada proses ekstraksi.

Untuk hasilnya, jangan ditanya, Hario V60 mampu memunculkan ribuan rasa tersembunyi dari biji kopi yang diseduh. Anda bisa memainkan berbagai teknik saat menyeduh menggunakan alat ini.

Teknik paling favorit adalah mengucurkan air memutar searah jarum jam. Ada pula yang gemar menggunakan teknik agitasi dengan membuat tetesan seperti hujan. Masing-masing teknik akan menghasilkan rasa yang berbeda. Anda bisa membeli produk ini di Lazada.

7. Latina Saigon Vietnam Drip

latina_saigon_vietnam_drip

Harga : Rp 184.000

Nikmatnya kopi susu khas Vietnam

Sesuai dengan namanya, Latina Saigon Vietnam Drip adalah alat seduh yang digunakan untuk meracik kopi susu ala Vietnam. Latina Saigon berbentuk seperti cangkir yang terbuat dari stainless steel dengan lubang tetes di dasarnya.

Kopi yang ditempatkan pada tabung tersebut akan menetes lembut mengaliri susu kental manis yang sudah menunggu di dasar gelas. Anda bisa membeli produk di Shopee.

6. Aero Press

aeropress

Harga : Rp 620.000

Menghasilkan espresso bercitarasa unik

AeroPress tengah populer di kalangan penyeduh kopi. Alat ciptaan Alan Adler, seorang ilmuwan dari Universitas Stanford, Amerika Serikat ini bahkan telah digunakan oleh para barista profesional.

Walaupun termasuk dalam alat penyeduh kopi untuk metode manual brewing, AeroPress juga bisa digunakan untuk membuat espresso. Jika dilihat dari desainnya, AeroPress terbilang sederhana karena hanya berbentuk tabung plastik dengan tuas plunger vertikal.

Jika diamati, AeroPress sekilas mengingatkan kita dengan French Press karena menggunakan plunger vertikal. Namun siapa sangka citarasa kopi yang dihasilkan dari AeroPress cukup menjanjikan, dan menawarkan nuansa baru untuk ritual minum kopi yang lebih khidmat.

Cara penggunaannya pun relatif mudah, anda hanya perlu mengisi beberapa gram kopi sesuai keinginan pada chamber yang berisi kertas penyaring. Anda bisa mengaduk kopi yang sudah terendam air menggunakan pengaduk yang disediakan AeroPress. Kemudian, Anda tinggal menekan plunger yang sekilas mirip alat suntik itu untuk mengekstraksi bubuk kopi. Anda bisa membeli di Shopee.

5. Latina French Press

latina_french_press

Harga : Rp 172.000

Berkualitas dan tahan panas

Metode French press termasuk sebagai metode seduh manual yang terkenal di dunia. Salah satu produk French press yang terbaik di kelasnya adalah Latina French Press. Desainnya berbentuk pot silinder dengan sebuah tuas penekan atau yang biasa disebut sebagai plunger.

Alat ini sangat cocok digunakan untuk menyeduh kopi dengan tingkat gilingan yang sedikit kasar. Anda juga bisa membuat kopi dengan metode cold brew menggunakan alat ini.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

4. ROK Presso

rok_presso

Harga : Rp 2.300.000

Mesin espresso tanpa listrik

Kepopuleran ROK Presso sebagai manual espresso maker sudah tidak diragukan lagi. ROK Presso bahkan digunakan sebagai alat pembuat espresso untuk tujuan komersial. Banyak kedai kopi yang mengandalkan ROK Presso untuk membuat berbagai jenis minuman nikmat berbahan espresso.

Fitur yang disajikan alat asal Inggris ini pun semakin berkembang, seperti pada seri terbarunya, Rok Presso GC (Glass Composite). Masih mengusung konsep espresso tanpa listrik, ROK Presso GC mampu menghasilkan espresso dengan kualitas yang mendekati mesin espresso profesional.

Pada seri sebelumnya, ROK Presso menggunakan material yang terbuat dari alumunium padat dengan bagian cylinder dan plunger yang terbuat dari plastik tebal transparan. Pada ROK Presso GC, material cylinder dan plunge-nya diganti dengan bahan glass composite yang lebih tahan banting.

Penggunaan material glass composite rupanya berpengaruh cukup signifikan, terutama pada daya yang dihasilkan dalam memberi tekanan pada proses ekstraksi kopi. Sebelumnya, Anda harus menambahkan booster pada plunger ROK Presso untuk meringankan tenaga yang dikeluarkan saat Anda menekan lengan plunger untuk mengekstrasi espresso.

Di seri terbaru ini, ROK Presso GC hadir dengan brew chamber yang lebih sempit, sehingga mampu memberi tekanan lebih banyak dengan tenaga yang lebih sedikit. Tekanan yang dihasilkan dari material terbaru ini mampu mencapai 15 bar, sehingga menghasilkan espresso kental dengan crema keemasan yang tebal.Anda bisa membeli Rok Presso di Shopee.

3. Chemex

chemex

Harga : Rp 890.000

Alat seduh legendaris

Chemex merupakan alat seduh manual yang sudah ada sejak tahun 1942. Desain nya yang unik dan elegan membuat Chemex menjadi salah satu alat seduh populer di kalangan penikmat kopi. Teknik yang digunakan untuk menyeduh kopi dengan Chemex adalah metode infuse.

Citarasa yang dihasilkan tidak jauh beda dengan metode drip seperti V60 dan flat bottom. Karena waktu penyeduhan lebih lama, maka kopi yang dihasilkan pun lebih kuat. Anda bisa membeli produk di Shopee.

2. Bialetti - Fiammetta

bialetti_fiammetta

Harga : Rp 735.000

Menyeduh kopi dengan metode tradisional Italia

Siapa yang tidak kenal dengan Bialetti. Moka pot buatan Alfonso Bialetti ini sangat populer di seluruh dunia. Bialetti – Fiammetta Set Sop Blue/Red merupakan inovasi pembuat espresso manual yang menggabungkan konsep klasik dengan kualitas seduhan kopi generasi ke-3 (3rd Wave).

Bialetti – Fiammetta Set Sop Blue/Red berkapasitas cukup besar, dan mampu menghasilkan sampai 3 cups espresso dalam sekali seduh. Seperti moka pot pada umumnya, alat ini memerlukan kompor untuk mengekstraksi kopi.

Alat pembuat espresso yang diproduksi di Romania ini dibuat dengan material alumunium padat dan keramik berkualitas, sehingga mampu menghantarkan panas dan membuat citarasa seduhan kopi yang konsisten.

Desainnya yang cantik, membuat alat ini diminati oleh pecinta kopi dunia. Tidak hanya home brewer, barista profesional pun kerap menggunakan alat pembuat espresso manual ini. Anda bisa membeli produk ini di Blibli.

1. Otten Syphon Coffee Maker

otten_syphon_coffee_maker

Harga : Rp 850.000

Seduh kopi dengan metode vacuum

Siphon merupakan alat penyeduh kopi manual dengan metode vacuum. Teknik menyeduh yang unik ini menghasilkan citarasa yang nikmat. Kopi yang akan diseduh akan ditempatkan pada tabung vakum yang dihubungkan dengan sebuah selang.

Di bawah selang itu ditempatkan air yang dipanaskan secara konstan dengan kompor kecil atau spiritus. Air yang mendidih akan naik ke tabung yang berisi kopi, setelah kopi terekstraksi, cairan kopi akan turun kembali ke tabung yang berada di bawah. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum memilih alat seduh kopi manual, sebaiknya Anda memperhatikan kebutuhan, cara penggunaan dan material yang digunakan. Jangan lupa untuk memilih produk yang asli.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara untuk merawat alat seduh kopi manual yang Anda miliki.
  • Anda bisa memilih Kalita Flat Bottom dan Hario V60 jika Anda gemar metode pour over yang menghasilkan citarasa konsisten.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menyukai rasa kopi yang pekat dan tebal, Anda bisa menggunakan ROK Presso.
  • Namun, bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman minum kopi yang berbeda, Anda bisa mencoba metode vakum ala Siphon.

Referensi

  1. Prima Coffee, Manual Coffee Brewing Guide, https://prima-coffee.com/learn/section/manual-brewing
  2. Brewing Coffee Manually (2015), Manual Brewing: Coffee Glossary, http://www.manualcoffeebrewing.com/manual-brewing-coffee-glossary/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.