Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


16 Nov 2020 08:16

10 Alat Pembuat Cold Brew Coffee Terbaik untuk Menyeduh Kopi Dingin yang Nikmat

By Cektarif Plus


Olahan kopi dingin atau yang populer disebut cold brew coffee menjadi salah satu sajian kopi terfavorit saat ini. Cold brew coffee sering dianggap sebagai kopi generasi ke empat yang menjadi alternatif bagi para penikmat kopi di dunia. Kepopuleran cold brew coffee juga disertai dengan munculnya berbagai alat pembuat cold brew.

Seiring perkembangannya, beberapa pabrikan alat seduh kopi pun berlomba-lomba menampilkan fitur terbaiknya pada alat pembuat cold brew yang diproduksi. Sebenarnya, cara membuat cold brew coffee ini terbilang sederhana. Anda hanya perlu mengganti air panas menjadi air dingin bersuhu ruangan saat menyeduh bubuk kopi.

Selain menggunakan air bersuhu ruangan, menyeduh kopi dingin ini juga memerlukan pengetahuan tentang rasio perbandingan cold brew yang tepat. Maka dari itu, memilih kopi untuk cold brew sangat penting demi menghasilkan citarasa seduhan kopi dingin yang nikmat.Memilih kopi untuk cold brew tidak bisa dilakukan sembarangan, karena akan sangat berpengaruh pada hasil akhir yang diinginkan.


Agar rasa yang dihasilkan lebih maksimal, sebaiknya proses ekstraksi kopi dilakukan selama 12 jam. Kopi yang sedang diekstraksi juga harus disimpan dalam wadah kaca yang tertutup rapat. Beberapa orang gemar menyimpan alat pembuat cold brew yang berisi kopi di dalam lemari es, sementara sebagian barista juga terbiasa menyimpannya di ruangan terbuka.

Cara Membuat Cold Brewyang Nikmat

Masing-masing cara membuat cold brew memiliki citarasanya tersendiri. Apa pun metodenya, hasil seduhan yang dihasilkan tergantung dari selera orang yang meraciknya. Berikut adalah cara membuat kopi cold brew yang biasa dilakukan oleh barista profesional:

  • Siapkan alat pembuat cold brew

Saat ini tersedia begitu banyak alat pembuat cold brew yang beredar di pasaran. Anda bisa mengetikkan kata kunci “jual alat cold brew” melalui ponsel dan temukan alat pembuat cold brew terbaik yang sesuai keinginan Anda.

Pilihlah alat pembuat cold brew yang mampu menampung sedikitnya 1.000 ml atau satu liter air. Dengan ukuran ini, Anda bisa menyeduh kopi dingin untuk 5 gelas sekaligus.

  • Memilih kopi untuk cold brew

Citarasa seduhan yang ingin dihasilkan dari cold brew cenderung ringan dengan intensitas rasa yang kuat. Memilih kopi untuk cold brew sebenarnya tergantung pada selera masing-masing.

Namun sangat disarankan menggunakan biji kopi Arabica yang memiliki karakter rasa manis yang tinggi dan intensitas acidity yang nyaman dinikmati.

Sebagian besar penikmat kopi memilih biji kopi Arabica yang difermentasi melalui proses honey dan wine untuk membuat seduhan cold brew coffee. Tapi, ada juga yang gemar menggunakan biji kopi yang diproses secara natural.

Biji kopi yang populer digunakan untuk membuat cold brew coffee antara lain Arabica Gayo Wine, Arabica Ciwidey Wine, Arabica Ijen Natural, Arabica Ciwangi Carbonic Maceration dan masih banyak lagi.

  • Tentukan rasio perbandingan cold brew

Sebelum menentukan rasio perbandingan cold brew, Anda juga harus mengetahui level gilingan kopi yang terbaik untuk membuat cold brew. Agar citarasa yang dihasilkan lebih intensif, sebaiknya gilinglah biji kopi di level medium to coarse (cukup kasar) atau coarse (sangat kasar).

Rasio perbandingan cold brew yang populer digunakan adalah 1:7 atau setiap satu gram kopi untuk 7 mili liter air. Namun, ada pula yang gemar menggunakan rasio 1:10 untuk menyeduhnya. Rasio perbandingan cold brew ditentukan sesuai selera masing-masing.

  • Mulai Menyeduh

Setelah mendapatkan rasio yang tepat, kini saatnya Anda mulai menyeduh kopi yang disiapkan. Pertama, tuangkan kopi pada alat pembuat cold brew yang Anda gunakan. Selanjutnya Anda tinggal menuangkan air dingin bersuhu ruangan sesuai dengan rasio yang Anda inginkan.

Jangan lupa gunakan timbangan digital untuk mendapatkan rasio yang tepat. Gunakan juga air yang memiliki total dissolved solids (TDS) netral untuk mendapatkan citarasa terbaik.

TDS adalah satuan nilai yang digunakan untuk mengukur kerapatan atau kepadatan air. TDS netral atau 0, (nol koma sekian) dapat mengeluarkan citarasa asli dari kopi yang diseduh.

Tingkat TDS yang terbaik untuk menyeduh kopi bisa Anda dapatkan pada air yang diproses melalui sistem reverse osmosis (RO).

  • Simpan Kopi Hingga Waktu Yang Ditentukan

Karena menggunakan air dingin, metode penyeduhan cold brew coffee ini memakan waktu yang cukup lama. Umumnya, waktu ideal yang digunakan untuk merendam kopi berkisar antara 8 sampai 12 jam. Namun, durasi penyeduhan kopi ini tergantung dari selera Anda masing-masing.

Kopi bercitarasa winey seperti Gayo Wine misalnya. Dengan level gilingan kasar dan rasio 1:10, citarasa Gayo Wine cold brew sudah dikatakan matang setelah direndam selama 8-9 jam. Sementara Arabica Kintamani Honey akan lebih maksimal jika direndam selama 10-12 jam.

Setelah kopi selesai diekstraksi, saringlah kopi menggunakan saringan berbahan kain lembut atau saringan khusus kopi yang sudah dibersihkan sebelumnya, Anda bisa menyimpan kopi cold brew yang sudah jadi di lemari pendingin maksimal hingga dua minggu ke depan.

Cara Menyajikan Cold Brew Coffee

Olahan kopi dingin ini bisa diminum langsung dengan tambahan es batu atau diolah kembali menggunakan bahan tambahan. Anda bisa menambahkan perasa lain seperti bubuk cokelat, hazelnut, redvelvet atau susu cair untuk menikmati olahan cold brew coffee. Anda juga bisa menambahkan sirup Jamaicanrum yang manis untuk menambah rasa pada kopi dingin.

Tips Memilih Alat Pembuat Cold Brew Coffee

Seperti yang dijelaskan di atas, saat ini Anda dapat menemukan begitu banyak jenis alat pembuat cold brew coffee terbaik. Setiap alat tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk itu, Anda bisa memperhatikan beberapa kriteria ini sebelum memilih alat pembuat cold brew terbaik:

  • Perhatikan kapasitasnya

Kapasitas alat pembuat cold brew menentukan berapa banyak kopi yang bisa Anda seduh. Ada baiknya memilih alat yang memiliki kapasitas minimal satu liter. Karena cara membuat cold brew memerlukan perendaman bubuk kopi, hasil akhir dari proses ekstraksi tentu akan berkurang atau menyusut dari kapasitas awal yang digunakan.

Jika Anda menyeduh kopi dengan rasio 1:10 pada alat pembuat cold brew berkapasitas 1 liter, Anda hanya akan mendapatkan sekitar 700-800 mili liter. Hasil seduhan kopi sebanyak itu bisa dijanjikan dalam 5 sampai 6 gelas.Jika ingin membuat lebih banyak, pilihlah kapasitas alat pembuat cold brew yang lebih besar.

  • Perhatikan materialnya

Poin ini menjadi yang paling penting untuk diperhatikan. Material yang digunakan pada alat pembuat cold brew sangat menentukan hasil akhir proses ekstraksinya. Pilihlah alat seduh yang terbuat dari material kaca murni untuk hasil yang maksimal.

Selain lebih kuat, kaca lebih tahan terhadap perubahan suhu dan tidak mengandung zat yang dapat merusak citarasa kopi cold brew.

Jika alat yang Anda gunakan berbentuk botol atau teko panjang, pilihlah yang bisa ditutup rapat. Udara di sekitar juga dapat mempengaruhi proses ekstraksi kopi cold brew.

  • Perhatikan teknik penyeduhannya

Masing-masing alat tentu memiliki cara penyeduhan yang berbeda. Maka dari itu, ada baiknya Anda mempelajari teknik penyeduhan cold brew yang benar sebelum memilih alat pembuat cold brew.

Beberapa alat dirancang dengan penyaring kopi yang mudah digunakan, beberapa alat lainnya mengusung desain yang kompleks dengan metode penyaringan yang rumit.

  • Perhatikan review hasilnya

Selain mengetahui material pembuatnya, melihat review dari konsumen yang sudah menggunakan alat pembuat cold brew yang ingin Anda beli menjadi langkah terbaik sebelum memilih alat yang terbaik.

Karena tak menutup kemungkinan, bisa saja alat pembuat cold brew yang beredar di pasaran bukan merupakan produk original alias produk tiruan.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya jika Anda mengamati review atau ulasan dari pengguna alat tersebut.

  • Perhatikan harganya

Tidak hanya cara penggunaannya yang berbeda, harga yang diberikan produsen pada alat pembuat cold brew yang dijualnya pun bervariasi. Beberapa alat dapat Anda beli dengan kisaran harga ratusan ribu rupiah, sementara beberapa di antaranya bahkan dihargai jutaan rupiah.

Karena tergolong benda yang tidak murah, Anda tentu harus menyiapkan budget lebih saat memilih alat pembuat cold brew yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara Merawat Alat Pembuat Cold Brew Agar Tetap Awet

Agar alat pembuat cold brew yang Anda miliki tetap bersih, awet dan berfungsi sebagaimana mestinya, berikut merupakan cara yang bisa Anda ikuti untuk merawatnya, antara lain:

  • Bersihkan secara rutin, setidaknya cuci alat penyeduh cold brew setelah selesai digunakan. Sisa bubuk kopi yang menempel tentu akan meninggalkan aroma dan noda membandel jika tidak segera dibersihkan.
  • Gunakan air hangat saat membersihkan alat pembuat cold brew. Karena sisa bubuk kopi yang menempel akan meninggalkan noda yang mempengaruhi rasa seduhan kopi berikutnya.
  • Bilas hingga bersih jika Anda mencuci alat penyeduh cold brew menggunakan sabun. Jangan sampai busa sabun yang tersisa meninggalkan material lain yang berpengaruh pada hasil seduhan kopi dingin Anda.
  • Bongkar dan keringkan setiap bagiannya menggunakan lap berbahan lembut. Anda bisa menggunakan lap microfiber untuk menghindari resiko alat Anda tergores kain yang kasar.
  • Simpanlah alat pembuat cold brew yang sudah dibersihkan dalam tempat khusus. Anda bisa menggunakan rak atau kotak penyimpanan yang kedap udara untuk menyimpannya.

10 Alat Pembuat Cold Brew Coffee Terbaik untuk Menyeduh Kopi Dingin yang Nikmat

Setelah mengetahui metode pembuatan cold brew, memilih kopi untuk cold brew, menentukan rasio perbandingan cold brew hingga tips memilih alat pembuat cold brew dan merawatnya, berikut ini merupakan 10 alat pembuat cold brew yang bisa Anda jadikan referensi, antara lain:

10. Brewover Cold Brew

foto-alat-pembuat-coldbrew-10

Harga : Rp 1.690.000

Dua Alat Seduh Jadi Satu

Bagi Anda penggemar kopi tentu sudah tak asing dengan alat ini. Mengusung konsep multifungsi dan mudah digunakan, Brewover Cold Brew ini menjadi salah satu alat pembuat cold brew coffee terbaik di kelasnya.

Terinspirasi dari dua alat penyeduh kopi legendaris, yaitu Chemex dan v60, Brewover Cold Brew didukung oleh fitur control valve yang mudah dikendalikan. Anda bisa menentukan rasio takaran bubuk kopi dan air secara mudah menggunakan alat ini.Anda bisa membeli alat ini di Bukalapak.

9. Body Brew Bod

foto-alat-pembuat-coldbrew-9

Harga : Rp 1.999.900

Alat Seduh yang Stylish

Jika Anda menyukai alat penyeduh kopi yang bergaya unik, Body Brew Bod merupakan pilihan yang tepat. Dengan desain modular yang ramping menjadikan alat pembuat cold brew ini terlihat keren dan cukup menarik perhatian.

Di luar desainnya yang stylish, alat ini mampu menghasilkan citarasa seduhan cold brew yang nikmat. Ditunjang dengan material berkualitas, Body Brew Bod dirancang agar tidak mudah pecah dan mudah dibawa kemana saja.

Menariknya, filter stainless steel yang disematkan dalam alat ini mampu mengurangi kadar bitter-accids dan cafesfol atau minyak kopi yang berlebih. Hasil seduhan Body Brew Brod dikatakan dapat mengurangi kadar keasaman yang membuat asam lambung naik. Anda bisa membeli alat ini di Bukalapak.

8. OXO Good Grips

foto-alat-pembuat-coldbrew-8

Harga : Rp 2.459.000

Hasil Seduhan Merata

Mengusung desain yang modern, OXO Good Grips juga dirancang untuk menghasilkan seduhan kopi terbaik. Dengan sistem filter rainmaker yang dipasang pada bagian reservoir, OXO Good Grips mampu mendistribusikan air secara lebih merata pada bubuk kopi.

Tidak hanya itu, alat pembuat cold brew ini juga dilengkapi sejenis saklar pada server-nya. Saklar tersebut dapat memulai proses penyeduhan saat ditekan, sekaligus menghentikan tuangan air yang jatuh ketika ditekan ke arah sebaliknya. Anda bisa membeli alat ini di Shopee.

7. Bruer Slow Drip Cold Brew

foto-alat-pembuat-coldbrew-7-

Harga : Rp 1.550.000

Dapat Mengurangi Rasa Asam dan Pahit Pada Kopi

Terbuat dari kaca tebal, Bruer Slow Drip Cold Brew dirancang untuk penggunaan rumahan. Alat pembuat cold brew ini dapat menampung 600 mili liter air dan kopi.

Dengan sistem penyaringan menggunakan kertas, hasil seduhan dari alat ini cenderung ringan dengan acidity dan bitterness yang lebih rendah. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Hario Mizudashi Coffee Pot

foto-alat-pembuat-coldbrew-6

Harga : Rp 300.000

Minimalis dan Mudah Digunakan

Siapa yang tidak kenal Hario. Salah satu pemain alat kopi asal Jepang yang sudah diperhitungkan namanya di jagad perkopian dunia.

Kali ini, Hario juga mengeluarkan alat pembuat cold brew yang banyak digemari pencinta kopi. Hario Mizudashi bahkan dijuluki sebagai alat pembuat cold brew termudah yang pernah diciptakan.

Dengan desain carafe yang minimalis, Hario Mizudashio memiliki kapasitas 1 liter. Proses penyeduhannya pun sangat sederhana, Anda hanya perlu mengisi bubuk kopi ke dalam filter yang disediakan, tuangkan air bersuhu ruangan dan diamkan selama waktu yang ditentukan.

Filter permanen yang disematkan membuat alat ini mudah dibersihkan. Anda bisa membeli alat ini di Shopee.

5. Primula Cold Brew

foto-alat-pembuat-coldbrew-5

Harga : Rp 300.000

One-Stop Cold Brewer

Tidak jauh beda dengan alat pembuat cold brew lainnya, Primula Cold Brew ini cukup mudah untuk digunakan. Dengan desain ala carafe, Primula terbuat dari bahan kaca borosilicate yang kuat dan tahan terhadap perubahan suhu.

Menariknya, alat ini dirancang agar dapat dikolaborasikan dengan alat seduh produksi Primula lainnya. Anda bisa memasang berbagai aksesoris buatan primula untuk bereksperimen menghasilkan seduhan cold brew sesuai keingingan. Anda bisa membeli alat ini di Tokopedia.

4. Toddy Cold Brew

foto-alat-pembuat-coldbrew-4

Harga : Rp 1.307.000

Digemari Home Brewer

Terdiri dari dua komponen utama, yaitu brewing container untuk menyeduh kopi dan glass decanter sebagai penampung hasil ekstraksi, alat ini terbilang praktis dan mudah digunakan. Tak heran jika Toddy Cold Brew ini menjadi andalan para home brewer atau penyeduh rumahan.

Untuk hasil seduhan, jangan ditanya, Toddy Cold Brew mampu menghasilkan citarasa kopi dingin yang nikmat dan konsisten. Alat ini bahkan mendapat banyak ulasan positif dari penggemar kopi di seluruh dunia. Anda bisa membeli alat ini di Shopee.

3. Bialetti French Press

foto-alat-pembuat-coldbrew-3

Harga : Rp 425.000

Murah dan Mudah Digunakan

Siapa bilang French press tidak bisa digunakan untuk membuat cold brew coffee? Faktanya, French press terdiri dari beberapa komponen yang sangat cocok digunakan untuk menyeduh cold brew.

Tuas plunger pada French press dapat digunakan untuk memisahkan bubuk kopi dengan air di akhir proses ekstraksi. Nah, salah satu French press terbaik di kelasnya adalah Bialetti French Press 350 Ml yang bisa dibeli di Shopee.

2. Yama Glass Cold Drip Maker

foto-alat-pembuat-coldbrew-2

Harga : Rp 7.874.000

Menghasilkan kopi cold brew yang nikmat

Jika Anda menginginkan hasil seduhan konsisten dengan citarasa yang kuat, maka Yama Glass Cold Drip Maker pilihannya. Mengusung metode cold drip, yaitu mengekstraksi bubuk kopi lewat tetesannya, alat ini menjadikan cara membuat cold brew seperti bereksperimen dengan alat laboratorium.

Tidak hanya konsisten, Yama Glass Cold Drip bahkan mampu mengekstraksi kopi dingin lebih cepat. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3 sampai 8 jam untuk menghasilkan kopi cold brew yang nikmat. Anda bisa membeli alat ini di Tokopedia.

1. Farfi Glass Brew Pot

foto-alat-pembuat-coldbrew-1

Harga : Rp 511.860

Kecepatan Tetes Bisa Diatur

Satu lagi alat pembuat cold brew dengan metode cold drip yang patut menjadi referensi. Memiliki kapasitas sebanyak 1 liter, Farfi Brew Pot dilengkapi dengan penampung es batu dan filter permanen berbahan stainless steel.

Alat ini juga memiliki keran yang bisa digunakan untuk mengatur kecepataan tetesan air saat menyeduh kopi.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli alat pembuat cold brew, sebaiknya ketahui cara membuat cold brew, menentukan rasio perbandingan cold brew dan memilih kopi untuk cold brew yang terbaik.
  • Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas bahan yang digunakan, kapasitas dan ulasan tentang alat yang ingin Anda beli.
  • Jika Anda menginginkan alat seduh dengan desain yang keren, Anda bisa memilih Brew Over Cold Brew, Body Brew Bod dan OXO Good Grips.
  • Jika Anda menginginkan alat yang mudah digunakan, Anda bisa memilih Hario Mizudashi dan Toddy Cold Brew.
  • Khusus bagi Anda yang gemar menyeduh dengan teknik cold drip, Anda bisa memilih Yama Glass Cold Drip Maker dan Bruer Slow Drip dan Farfi Brew Pot.

Referensi

  1. Sevenmiles.com (2019), How To Cold Brew Coffee: The Complete Guide. https://www.sevenmiles.com.au/editorial/cold-brew-coffee-guide/
  2. Homegrounds.co (2019), What The Best Coffee For Cold Brew. https://www.homegrounds.co/the-7-best-coffees-for-cold-brew/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.