Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 Mar 2021 05:15

10 Alasan Membeli Netbook Lenovo D330 Bagi Anak Muda

By Cektarif Plus


Anak muda jaman sekarang identik dengan perangkat gadget yang canggih. Tidak hanya smartphone, laptop maupun netbook juga menjadi hal yang cukup penting dalam mendukung aktivitas harian mereka.

Melihat peluang ini Lenovo sebagai brand laptop kenamaan juga telah menghadirkan laptop yang didesain khusus untuk anak muda. Salah satunya adalah Lenovo D330.

Lenovo D330 merupakan netbook Lenovo yang mengusung seri Idea Pad, di mana seri ini memiliki berbagai aspek yang meliputi desain, multimedia, touchscreen, dan ketahanan performa ketika pekerjaan komputasi berat banyak dilakukan.


Selain itu, Lenovo Idea Pad D330 modelnya ramping dan ringkas yang memungkinkan penggunanya lebih mudah dan nyaman saat dibawa kemana-mana. Belum lagi bagian layar yang bisa dilepas dari keyboardnya, sehingga bisa difungsikan juga sebagai tablet.

Karena itu, kami sajikan alasan mengapa banyak orang membeli netbook Lenovo D330 yang sangat digemari anak muda ini. Namun sebelumnya simak perjalanan brand Lenovo berikut ini, hingga ulasan spesifikasi netbook Lenovo D330 di bawah ini.

Mengenal Brand Lenovo dari Masa ke Masa

Lenovo pertama kali didirikan pada tahun 1984. Lokasinya ada di Cina dengan gedung yang masih sangat kecil. Awal mula berdiri Lenovo ini sebenarnya bernama Legend, kemudian pada tahun 2004 berganti nama menjadi Lenovo.

Pada tahun-tahun perkembangannya Lenovo tidak hanya memasarkan produknya di Cina, tapi juga merambah ke berbagai negara di luar negeri. Hingga saat ini Lenovo telah menjadi produsen laptop yang mendunia, besar dan ternama.

Pada tahun 2005 Lenovo berhasil mengambil alih divisi komputer IBM. Selama berakuisisi dengan IBM, mereka banyak mendapat keuntungan. Penjualan meningkat drastis dan banyak menjadi bahan perbincangan khalayak umum.

Kemudian pada tahun 2014, Lenovo kembali mengakuisisi perusahaan lain. Kali ini Lenovo menyasar produk smartphone dengan diambil alihnya Motorola Mobility.

Akuisisi Motorola membuat hadir brand baru berupa Lenovo Moto. Meskipun telah banyak karyawan Lenovo yang dikabarkan mencapai ribuan, perusahaan ini masih ingin mengakuisisi perusahaan lainnya.

Lenovo juga sempat dinobatkan sebagai produsen PC terbesar di seluruh dunia pada tahun 2013. Merambahnya Lenovo ke dunia smartphone juga menjadi bukti, bahwa brand ini terus berinovasi dan berusaha menjadi produsen gadget yang besar.

Brand Lenovo memiliki berbagai kelebihan dibanding brand laptop lainnya diantaranya kualitas audionya yang bagus karena menggunakan teknologi audio dolby digital.

Selain itu juga mempunyai putaran kipas yang tidak berisik saat laptop dinyalakan. Sistem kelistrikannya juga tergolong bagus, dibuktikan dengan baterainya yang awet dan tahan lama.

Dengan pengalaman yang sudah bertahun-tahun di dunia gadget membuat Lenovo semakin terpercaya oleh banyak kalangan. Meskipun hadir dengan berbagai kelebihan, lenovo tidak serta merta menaikkan harga jualnya.

Hal ini terbukti dengan adanya laptop seri yang banyak diminati kalangan menengah. Contohnya saja Lenovo series ThinkPad. Laptop ini telah memiliki spesifikasi yang tinggi dan berbagai fitur yang beragam.

Jenis dan Tipe Laptop Lenovo

Hingga sekarang Lenovo telah merilis berbagai jenis laptop. Ada jenis yang dibuat untuk memanjakan para gamers, pelajar, para pekerja hingga pelaku bisnis.

Harganya juga bervariasi, ada yang terjangkau untuk kalangan menengah, ada pula yang dibuat lebih mahal.

Salah satu tipe Lenovo yang cukup laris di pasaran adalah IdeaPad dan ThinkPad. Kedua tipe ini memiliki reputasi yang cukup baik.

Untuk tipe IdeaPad, tipe ini memiliki harga yang terjangkau bagi kalangan menengah dan memiliki kualitas yang cukup bagus. Tak heran banyak permintaan konsumen untuk jenis ini.

Bahkan khusus untuk menjaring segmen anak muda Lenovo menghadirkan IdeaPad D330. Harganya dipatok sekitar 4 jutaan.

Lenovo IdeaPad D330 ini juga banyak tersedia di e-commerce. Hal tersebut diharapkan dapat membantu anak muda untuk lebih mudah mendapatkannya.

Netbook ini secara umum lebih ringan dan ukuran layarnya lebih kecil dibanding notebook maupun laptop. Ukuran layarnya hanya 10 inchi, layaknya sebuah tablet dengan keyboard yang bisa dilepas pasang.

Sedangkan tipe Lenovo ThinkPad memiliki harga di atas IdeaPad dengan menyasar para pelaku bisnis. ThinkPad juga menjadi satu-satunya laptop yang sudah memiliki sertifikasi sebagai laptop yang bisa dipakai di luar angkasa.

Tipe ThinkPad dikenal memiliki desain yang elegan dan tahan banting. Bahkan sebelum di lempar ke pasaran dilakukan 8 tingkat pengujian. Pengujian itu dimulai dari pengoperasian berjam-jam pada suhu ekstrem hingga pada tekanan sangat tinggi.

Tipe ThinkPad ini juga telah bekerja sama dengan IBM yang dikenal sebagai produsen komputer terbaik. Selain kedua jenis di atas ada juga jenis Lenovo lainnya seperti Lenovo Yoga, Notebook Lenovo Series, dan Lenovo Legion.

Lenovo Yoga termasuk kategori ultrabook premium yang masih wajar harganya. Desainnya ringan dan tipis, serta bisa dilipat 360 derajat.

Untuk pilihan laptop lain yang juga ringan dan mudah dibawa jatuh pada Notebook Lenovo series. Notebook ini menyasar pelaku bisnis rintisan atau UKM.

Lenovo Legion cocok digunakan untuk para gamers. Selain memiliki ruang penyimpanan yang banyak, resolusi grafisnya juga tinggi. Ditambah lagi desainnya yang elegan sehingga banyak menjadi incaran anak muda pecinta game.

Spesifikasi Netbook Lenovo IdeaPad D330

Berikut ini spesifikasi Lenovo IdeaPad D330 yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya :

RAM : 4 GB DDR4L
Ruang penyimpanan : 128 GB eMMC
Prosesor : Intel Celeron N4000
Sistem Operasi : Windows 10 Home
Layar : IPS touchscreen 10.1 inchi, Full HD
Grafis : Intel Integrated Graphics
Berat: 1,1 kg (dengan docking), 549 gram (tablet)
Audio : Stereo Speakers
Baterai : 5080 mAh Litihium-ion Hingga 13 jam
Konektivitas : WiFi 802.11ac, Bluetooth 4.0
Port : USB Type C 3.1, Audio Jack Combo, microSD, 2x USB 2.0 (pada docking)

10 Alasan Membeli Netbook Lenovo D330

Setelah Anda mengetahui sejarah singkat Lenovo hingga spesifikasi lengkap Lenovo IdeaPad D330, maka berikut ini kami sajikan 10 alasan mengapa Anda harus membeli netbook tersebut.

1. Desain lebih ringkas dan ramping

Lenovo jenis IdeaPad D330 ini merupakan jenis laptop hybrid atau 2 in 1. Laptop ini bisa berfungsi sebagai tablet dengan layar yang bisa dilepas dari keyboardnya. Dengan ukuran layar yang kecil yaitu 10.1 inchi, laptop ini sangat nyaman digunakan sebagai tablet.

Berat yang hanya mencapai 1,1 kg beserta keyboardnya menjadikan netbook ini begitu ringan, ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

Ditambah lagi body berbahan plastik yang enteng. Meski terlihat kurang glamor tapi tetaplah kokoh. Dimensi netbook ini juga hanya 249 mm x 178 mm x 9.5 mm sehingga tampak ramping dan mudah dimasukan ke dalam tas.

IdeaPad D330 ini boleh dibilang laptop rasa tablet. Jika Anda hanya ingin membawa tabletnya saja tanpa docking keyboard beratnya hanya mencapai setengah kilo. Sangat ringan dan tidak memakan tempat tentunya.

2. Cocok untuk anak muda

Konsep fleksibilitas dan portabilitas Lenovo D330 yang tinggi sangat cocok dengan jiwa anak muda jaman sekarang. Apalagi anak muda cenderung memiliki mobilitas yang tinggi dan produktif. Sehingga penggunaan netbook ini dapat membantu aktivitas keseharian mereka.

Lenovo D330 sangat cocok untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun kampus. Tipe ini juga sangat pas dimasukan ke dalam tas sekolah. Anda tidak akan merasa terbebani membawa perangkat netbook yang berat ke mana-mana.

Selain itu,tipe ini juga cocok untuk membantu pekerjaan para blogger maupun penulis yang aktif menulis dimanapun dan kapanpun.

3. Harganya lebih terjangkau

Untuk kategori laptop hybrid, IdeaPad D330 ini tergolong terjangkau harganya. Dibanderol dengan harga 4 jutaan, brand ini telah memiliki kualitas laptop hybrid yang mumpuni dan bisa bersaing di kelasnya.

Kualitas IdeaPad D330 ini tidak kalah dengan laptop hybrid yang dibanderol dengan harga mahal. Misalnya saja Microsoft Surface, laptop 2 in 1 yang bisa mencapai harga belasan juta.

Meskipun spesifikasi IdeaPad D330 tidak lebih tinggi dari Microsoft Surface, tapi Anda bisa mendapatkan pengalaman menggunakan laptop 2 in 1 yang bagus dengan harga yang terjangkau.

4. Performa yang bagus untuk menunjang produktivitas

Berbekal hardware yang mumpuni seperti Intel Celeron N400 dan RAM 4GB serta penyimpanan internal eMMC 128GB, performa netbook ini cukuplah handal. Mengingat harganya yang juga terjangkau.

Anda juga bisa menikmati konten video, musik, sosial media ataupun browsing dengan lancar.

Untuk aplikasi game Android juga masih bisa dijalankan. Asalkan tidak menjalankan tugas komputasi yang terlalu berat atau berlebihan netbook ini tidak akan berjalan lambat. Misalnya, seperti memainkan game yang terlalu berat atau membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

5. Baterai tahan lama

Alasan berikutnya yang membuat Lenovo D330 banyak diminati adalah daya tahan baterainya yang tergolong tahan lama.

Keawetannya diklaim bertahan mulai dari 10 hingga 13 jam jika baterai diisi dalam keadaan 100 %. Sehingga membuat aktivitas Anda menjadi lebih lancar tanpa hambatan dan takut akan baterai cepat habis.

6. Dilengkapi layar sentuh

Layar sentuh menjadi salah satu bagian yang penting, apalagi bagi pecinta tablet. Laptop dengan layar sentuh biasanya identik dengan laptop mahal serta spesifikasinya yang tinggi. Sehingga tidak jarang laptop berlayar sentuh hanya ada pada laptop yang premium atau berharga puluhan juta.

Biasanya laptop di bawah lima juta jarang yang menggunakan layar sentuh. Namun Lenovo membekali IdeaPad D330 ini dengan layar sentuh IPS (In-Plane Switching).

Keunggulan IPS touch screen ini yaitu menghasilkan tampilan warna yang lebih natural dan gambar yang tajam. Layar sentuh IPS juga tergolong awet dibanding jenis lainnya. Jika berada di bawah sinar matahari langsung tampilan warnanya masih terlihat lebih cerah.

Selain itu, resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel pada netbook ini juga membuat tampilan gambar semakin bagus dan nyaman ketika menonton video.

7. Docking keyboard magnetik

Docking Lenovo D330 menggunakan sistem magnetik yang kuat. Hal ini menyebabkan tabletnya tidak mudah lepas. Bahkan Anda bisa mengatur agar posisi tablet menghadap kebelakang sehingga mudah untuk menonton video.

Docking keyboard magnetik ini menggunakan bahan plastik polycarbonate dengan ukuran lebih kecil dari keyboard biasa. Ukurannya menyesuaikan ukuran layar yaitu 10 inchi.

Jika ingin mengetik Anda perlu menyesuiakan diri dengan keyboard yang lebih kecil ini. Netbook ini dilengkapi touchpad yang cukup responsif dan juga cukup besar. Tersedia juga 2 port USB 2.0. Satu portnya di bagian kanan dan satunya lagi di kiri keyboard.

8. Speaker stereo yang cukup baik

Pada bagian bawah layar IdeaPad D330 ini terdapat sepasang speaker yang kualitasnya cukup baik. Selain itu juga menggunakan Audio Dolby Premium yang menghasilkan dentuman audio berkelas.

Suara bassnya juga nampak jernih. Jika menikmati konten video atau streaming film kualitas dialog akan lebih jelas dan detail.

Selain kualitas audio yang baik, netbook ini juga memiliki port konektivitas yang mendukung speaker stereo. Port konektivitas netbook ini memang tidaklah banyak.

Namun Anda bisa menemukan jack audio 3.5mm pada bagian sisi kiri bodi netbook ini. Sementara sisi kanannya terdapat tombol power dan tombol pengaturan volume beserta port USB Type-C 3.1. Selain itu juga terdapat port untuk isi ulang baterai.

9. Dilengkapi kamera depan yang jernih

Meskipun fungsi kamera netbook ini tidak didesain khusus seperti kamera smartphone, akan tetapi bisa dibilang kualitas kameranya cukup baik.

Pada bagian atas layar IdeaPad D330 ini terdapat kamera depan yang jernih. Resolusi kameranya mencapai 2 megapixel. Meski resolusinya tidak terlalu tinggi, tapi sudah bagus untuk mendukung panggilan video ataupun vloging.

10. Sudah terinstal Windows 10

Hal lain yang menjadi keunggulan Lenovo IdeaPad D330 adalah sudah terinstalnya OS Windows 10. Dengan kelebihan ini Anda tidak perlu repot lagi menginstal sistem operasi sendiri.

Bahkan Anda juga tidak perlu pusing memikirkan keoriginalan dari sistem operasi Windowsmu. Selain itu Windows 10 terkenal memiliki banyak kelebihan dibanding Windows-Windows sebelumnya.

OS ini mempunyai beberapa kelebihan di antaranya memiliki fitur modern yang canggih, menu start yang praktis dan memiliki sistem keamanan yang lebih bagus semacam fingerprint atau retina scanner. Windows 10 ini sangatlah mempermudah aktivitas kita dalam pengolahan dokumen.

Windows 10 ini juga diklaim sebagai sistem operasi yang paling cocok untuk perangkat touchscreen. OS ini tidak hanya cocok untuk diaplikasikan pada laptop tetapi juga pada tablet.

Selain itu, OS ini juga dikenal pas untuk bermain game. Sangatlah tepat bila memilih netbook IdeaPad D330 untuk melengkapi aktivitas Anda sehari-hari.

Kesimpulan

  • Lenovo IdeaPad D330 merupakan netbook dengan harga terjangkau yang sangat cocok untuk pelajar, mahasiswa, dan juga anak muda yang memiliki mobilitas tinggi.
  • Laptop yang merangkap tablet ini memiliki performa yang cukup bagus untuk menunjang produktivitas sehari-hari.
  • Lenovo D330 ini memiliki IPS touchscreen dan docking keyboard magnetik.
  • Netbook ini memiliki baterai yang awet dan speaker stereo yang memanjakan telinga.
  • Lenovo tipe ini dilengkapi kamera depan yang cukup jernih dan OS Windows 10 yang cocok digunakan untuk pengolahan data, memiliki keamanan yang bagus dan kompatibel dengan layar sentuh.

Referensi

  1. Teknologika, Sejarah Lenovo dan Perkembangannya,https://www.teknologika.id/2016/04/sejarah-lenovo-dan-perkembanganya.html#gsc.tab=0
  2. Mukhlis, Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo,http://www.masuklis.com/2017/12/kelebihan-serta-kekurangan-laptop-lenovo.html
  3. Lenovo, IdeaPad D330 Tech Specs, https://www.lenovo.com/sg/en/laptops/IdeaPad/IdeaPad-d-series/IdeaPad-D330/p/88IPMX31047



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.