Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


10 Feb 2021 13:17

Mau Kirim Paket Tanaman atau Hewan Hidup Cepat Sampai?

By Cektarif Plus


Mau kirim tanaman hias atau hewan hidup? Coba saja gunakan layanan dari TIKI. Perusahaan jasa pengiriman ini sejak lama menjadi salah satu yang melayani pengiriman binatang hidup dan tanaman. Jadi, jika anda berencana mengirim paket berisi ikan hias atau tanaman hias misalnya, TIKI menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan dengan area pengiriman ke seluruh Indonesia.



Saat pandemi beberapa jenis ikan hias banyak dikirim seperti ikan cupang, ikan guppy, louhan, cichlid, serta discus. Sementara untuk tanaman hias antara lain philodendron, monstera, caladium, dan syingonium.

Jika saya ingin paket tanaman atau kiriman hewan cepat sampai, layanan apa yang sebaiknya dipilih?

TIKI memiliki layanan Over Night Service (ONS) dan Two Days Service (TDS) untuk pengiriman cepat lebih cepat. Sementara untuk pengiriman paket dengan biaya yang ekonomis, TIKI memiliki produk Regular (REG) dan Economy (ECO).

Untuk pengiriman via udara biasanya terdapat ketentuan berat minimal kiriman Special Cargo untuk penerbitan Surat Muatan Udara (SMU) adalah minimal 10 Kg. Tapi tidak perlu khawatir sebab pihak ekspedisinya biasanya akan menggabungkan pengurusannya dengan paket lainnya.

Bagaimana untuk ongkos kirimnya? Ongkir pengiriman hewan atau tanaman umumnya akan dikenakan biaya surcharge sebagai biaya penanganan, mengingat ikan dan tanaman membutuhkan penanganan khusus dan tidak bercampur dengan barang lainnya dalam kategori genco (general cargo).

Selain itu, pihak pengirim juga harus mengurus surat karantina. Ikan dan tanaman hias misalnya, merupakan jenis kargo dengan kategori Special Cargo sehingga dibutuhkan surat karantina sebagai surat jalan yang menjadi persyaratan untuk pengiriman ikan dan tanaman hias ke luar pulau. Untungnya, TIKI memiliki layanan pengurusan surat karantina tersebut sehingga lebih memudahkan anda sebagai pelanggan.

Apalagi yang perlu diketahui untuk pengiriman paket hewan dan tanaman?



Tentu saja paket harus dikemas secara rapi dan menggunakan kemasan/bungkus yang sesuai dan memadai. Selain itu, penting juga untuk mengondisikan hewan dan tanaman tersebut agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi selama dalam proses pengiriman.

Contohnya untuk media pengiriman tanaman sebaiknya memperhatikan ukuran tanaman tersebut apakah cukup menggunakan kardus atau harus menggunakan kayu pallet. Akar tanaman juga sebaiknya dibungkus tanah yang telah diberi nutrisi. Sedangkan untuk pengiriman ikan, periksa ph air dan oksigen dalam air.

Anda ingin mengecek tarif pengiriman TIKI? Cek ongkir TIKI di sini.



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Jasa Pengiriman


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.