Cek Resi



Belanja

HONOR Band 5 vs Mi Band 5: Lebih Bagus Mana?

Popularitas smartband atau gelang pintar ini semakin meningkat. Mayoritas penggemarnya adalah anak muda, terutama bagi mereka yang menyukai olahraga.

Tidak hanya sebagai pencatat aktivitas olahraga,gelang pintar juga memungkinkan penggunanya untuk meng-upload hasilnya di akun sosial media mereka. Di antara brand elektronik kenamaan yang memproduksi smartband ini adalah HONOR dan Xiaomi.

HONOR dan Xiaomi sendiri merupakan brand yang paling sering meramaikan pangsa pasar smartband. Kedua vendor asal Tiongkok tersebut sudah banyak menghasilkan varian gelang pintar di berbagai negara. Salah satunya adalah Indonesia.

Keduanya sama-sama memiliki harga relatif terjangkau dan saling berlomba dalam menghadirkan berbagai fitur terbaik untuk mendukung aktivitas olahraga penggunanya. Hal inilah yang membuat smartband milik HONOR dan Xiaomi selalu ditunggu oleh para penggemarnya.

Seperti HONOR Band 5 dan Mi Band 5 yang kemunculannya bahkan sudah diminati meskipun belum rilis di Indonesia.

Meski begitu, keduanya memiliki spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Berikut kami berikan informasi lengkap mengenai smartband HONOR Band 5 dan Mi Band 5.

HONOR Band 5

HONOR Band 5 merupakan produk smartband yang dikeluarkan oleh brand HONOR, sub-brand Huawei yang sedang mengembangkan bisnisnya di pasaran global, termasuk Indonesia. Gelang pintar ini hadir sebagai versi sempurna dari yang sebelumnya, yakni HONOR Band 4.

Secara fitur, sebenarnya HONOR Band 5 tidaklah semewah produk mahal lainnya. Meski begitu, smartband dengan harga terjangkau ini memiliki fitur kesehatan yang tidak kalah unggul dan lengkap dari produk gelang pintar yang harganya lebih mahal.

Maka tidak heran kalau HONOR Band 5 memiliki banyak penggemar di berbagai negara, seperti Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Jerman, Indonesia, dan lainnya.Karena itu, gelang pintar wearable ini bahkan berhasil mencapai pertumbuhan YoY di angka 387%.

Spesifikasi HONOR Band 5


Harga : Rp 335.000
ModelType Smartband, Wearable
DisplayTypeAMOLED
Size0.95 inch
PlatformCompatible PlatformsAndroid, iOS
Compatible Platforms Version Android 5.0 and above, iOS 7.0 and above
BodyDimension43 x 17.2 x 11.5 mm)
Weight22.7 gr
OtherInternal Memory <500MB
RAM<500MB
FeatureHeart Rate, Bluetooth ,Water-Resistant
BatteryLi-Po 100 mAh
(Charging time approximately 100 minutes for 14 days standby time)

Memiliki desain slim dan bobot yang ringan

HONOR Band 5 memiliki body yang relatif tebal namun masih terlihat kecil dan ramping. Core pada HONOR Band 5 terlihat melengkung di bagian bawahnya, mengikuti bentuk pergelangan tangan pemakainya.Tampilan ini sebenarnya masih cukup mirip dengan versi sebelumnya, yaitu HONOR Band 4.

Body dari HONOR Band 5 terbuat dari bahan plastik yang membuat bobotnya menjadi lebih ringan, hanya 22.7 gram. Sehingga terasa nyaman walau harus disematkan pada pergelangan tangan dalam waktu lama.

Tali pada HONOR Band 5 terbuat dari material silicon yang memang sering digunakan untuk berbagai jenis fitnees tracker lainnya.

Panjang talinya sesuai dengan jumlah lubang pengatur sehingga lebih fleksibel. Sayang tali ini sudah menyatu dengan core-nya. Cukup menyulitkan untuk melakukan pergantian tali kalau terjadi masalah.

Meski tidak memiliki tombol fisik, HONOR Band 5 tetap terlihat ciamik dan melebihi ekspektasi akan smartband touchscreen dengan harga murah. Cukup dengan swipe ke kiri atau kanan, Anda dapat berpindah dengan sendirinya ke bagian layar utama. Mudah bukan?

Layar lebih jernih dan mudah pengaturannya

HONOR Band 5 memiliki layar berukuran 0.95 inchi disertai dengan balutan teknologi AMOLED. Sebuah kemajuan dibanding versi sebelumnya yang hanya menggunakan layar OLED.

AMOLED sendiri terkenal mampu memberikan kecerahan dan warna yang jauh lebih baik. Maka wajar bila HONOR Band 5 terasa sangat berbeda dari pendahulunya.

Selain warna pada layarnya yang terlihat lebih jelas, tampilan logo pada bagian menunya juga terlihat lebih datar dibanding model fitness tracker lain.

Dengan kaca 2.5D yang melengkung serta kedalaman pixel 228 PPI, pengguna akan merasa nyaman saat melihat berbagai konten yang terdapat pada HONOR Band 5.

Pengguna juga dapat mengatur sendiri tingkat kecerahan layarnya sehingga memungkinkan untuk melihat konten di smartband meski di bawah terik matahari sekalipun.

Untuk mengoperasikan smartband sekaligus menavigasikan seluruh fungsi dan menunya, Anda dapat menggunakan tombol sentuh yang terdapat pada layarnya. Terdapat tombol lingkaran di bagian bawah layar yang fungsinya untuk mengembalikan Anda ke home screen setelah melihat-lihat menu lain.

Tampilan home screen-nya sendiri memperlihatkan berbagai informasi, seperti tanggal, jam, langkah jalan, hingga cuaca. Menariknya, Anda dapat mengganti tampilan antarmuka (UI) dari home screen ini sesuai yang diinginkan melalui menu Band Face.

Untuk mengakses Band Face, Anda perlu mengunduh aplikasi HUAWEI Health melalui Google Play Store atau Apple App Store bila menggunakan ponsel pintar jenis Android atau iPhone.

Bagi para pengguna smartphone HUAWEI, tidak perlu mengunduhnya lagi karena aplikasi tersebut sudah otomatis terinstal.

Setelah menginstal aplikasi Band Face, Anda dapat langsung mengatur tampilan antarmukanya melalui menu Face di HONOR Band 5. Perlu diingat bahwa face yang bisa digunakan hanya yang sudah diinstal melalui aplikasi HUAWEI Health saja.

Face pada HONOR Band 5 memiliki varian yang lebih banyak dibanding versi sebelumnya. Sehingga Anda akan lebih leluasa memilih mana yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda saja.

Meski terlihat kecil, namun layar dari HONOR Band 5 ini cukup kokoh dan kuat. Sehingga tidak mudah tergores ataupun penyok. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menggunakan smartband ini untuk berbagai aktivitas. Bahkan aktivitas berat sekalipun.

Fitur-fitur menarik dari Honor Band 5

HONOR Band 5 memiliki ragam fitur menarik yang dapat menunjang segala aktivitas Anda, di antaranya :

Seperti smartband pada umumnya, HONOR Band 5 dibekali dengan fitur yang cukup untuk melakukan berbagai olahraga, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Anda bisa membuat target sendiri untuk olahraga tertentu dan perangkat ini akan memberi peringatan serta informasi setelah latihan Anda usai.

Bagi penggemar olahraga air, tak perlu khawatir. Karena smartband ini juga memiliki ketahanan dalam air. Bahkan hingga kedalaman 50 meter (50ATM) sekalipun. Ada pula sensor 6-axis yang dapat mengenali empat gaya renang, seperti gaya dada, punggung, kupu-kupu, hingga bebas.

Untuk mengakses fitur olahraga ini, bisa melalui menu Workout yang terdapat pada HONOR Band 5 ini. Kemudian pilih satu dari 10 mode yang terdapat di dalamnya sesuai dengan aktivitas Anda.

Salah satu keunggulan dari HONOR Band 5 yang jarang dimiliki oleh smartband lain adalah keberadaan fitur spO2. Fitur ini dapat mengukur kadar oksigen dalam darah sehingga dapat meminimalisir terjadinya kurang oksigen.

Untuk mengaktifkan fitur ini, tinggal menuju menu SpO2 pada HONOR Band Anda. Kemudian masuk ke meu SpO2 dan ikuti instruksi yang diberikan. Tunggu selama beberapa detik hingga sensor selesai melacak tingkat saturasi oksigen di dalam darah Anda.

Kelebihan dan Kekurangan HONOR Band 5

Berikut ini beberapa kelebihan HONOR Band 5, yaitu : Menggunakan panel AMOLED yang memberikan warna cerah pada bagian layarnya, memiliki fitur olahraga dan kesehatan yang lengkap untuk sekelas smartband murah.

Selain itu, memiliki ketahanan dalam air hingga 50 meter (air tawar), dan memiliki daya tahan baterai yang kuat sehingga dapat digunakan setiap saat.

Sedangkan, kekurangan dari HONOR Band 5 yaitu ukuran layarnya cukup kecil sehingga sedikit menyulitkan saat harus menggunakan layar sentuh, terutama bagi yang memiliki ukuran tangan agak besar. Selain itu juga pada talinya yang sulit untuk dilepas.

Mi Band 5

Xiaomi terkenal akan ragam produk dengan harga yang ramah kantong namun tidak kalah unggul dengan yang memiliki harga lebih tinggi. Termasuk untuk produk smartband yang diberi nama Mi Band.

Mi Band terdiri dari berbagai seri. Salah satunya adalah Mi Band 5 yang digadang-gadang sebagai fitness tracker tercanggih dengan harga murah.

Smartband tersebut diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2020 lalu untuk pasar Tiongkok. Gelang pintar ini memiliki peningkatan dari versi sebelumnya, yakni Mi Band 4, untuk beberapa kemampuan, seperti NFC, perintah suara, kemampuan software, hingga pembacaan yang lebih akurat.

Spesifikasi Mi Band 5


Harga : Rp 370.000
ModelTypeSmartband, Wearable
BodyMaterialPlastic
Motor TypeRotor
Dimension46.95 x 18.15 x 12.45 mm
Weight11.9 g (Regular version),
12.1 g (NFC version)
DisplayTypeAMOLED, Capacitive touch screen cell
Size1.1inch
Resolution126 x 296 RGB
Color Depth16bit
BrightnessMax 450 nits, Adjustable
Protection2.5D tempered glass with anti-fingerprint coating
Censor3-axis accelerometer + 3-axis gyroscope;
PPG heart rate sensor;
Capacitive proximity sensor
ButtonSingle touch button (wake up, go back)
Platform Compatible PlatformsAndroid, iOS
Compatible Platforms VersionAndroid 5.0 and above, iOS 7.0 and above
StrapTypeDetachable wrist strap
MaterialAluminum Alloy
ColorsBlack, Blue, Pink, Orange, Purple, Yellow, Green, Gray
Wide18mm
Length 155-216mm
OtherInternal Memory16MB
RAM512KB
FeatureHeart Rate, Bluetooth ,Water-Resistant (5ATM), NFC (NFC version)
BatteryLithium-ion Polymer125 mAh
Charging: Charging Magnetic
Long charging: 2 hours
Battery life: up to 14 days

Layar jernih, anti gores dan terdapat pengaturan tingkat kecerahan

Sama seperti versi sebelumnya, Mi Band 5 dibekali teknologi layar AMOLED dengan permukaan kaca anti gores 2.5D disertai visual memukau yang membuat kontennya dapat dibaca dengan nyaman dan jelas.

Dimensi pada smartband ini lebih besar 20% dibanding sebelumnya, yakni 1.2 inci yang memudahkan Anda untuk menggunakan berbagai fitur yang tersedia. Terdapat lima tingkat kecerahan yang bisa dipilih sesuai keinginan dengan batas kecerahan maksimal mencapai 450 nit.

Untuk mengatur tingkat kecerahannya, Anda dapat menekan tombol plus dan minus pada pengaturan brightness untuk mendapatkan pencahayaan yang sempurna. Untuk masuk ke menu brightness, Anda bisa melalui pilihan More – Setting – Brightness.

Tersedia lebih dari 100 watchface menarik yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan, bahkan ada juga opsi tampilan bergerak. Watchface ini sendiri terdiri dari beberapa seri animasi popular, sebut saja Detective Conan, Hatsune Miku, hingga SpongeBob SquarePants.

Memiliki fitur yang canggih dan sudah dilengkapi dengan NFC

Seri Mi Band 5 hadir dengan ragam fitur yang terbaru yang lebih canggih. Bahkan terdapat 11 fitness tracking yang dapat mendukung kinerja olahraga Anda. Mulai dari yoga, berlari, hingga berenang, semuanya bisa terpantau di smartband ini.

Selain fitur olahraga, Mi Band 5 juga dilengkapi dengan fitur kesehatan, seperti untuk memantau denyut jantung, memantau kualitas tidur, pelacakan oksigen dalam darah, system penilaian PAI, hingga memantau jadwal menstruasi untuk pengguna wanita.

Menariknya, Mi Band 5 juga dilengkapi dengan fitur NFC yang menjadi pembeda dari smartband lainnya. Dengan fitur NFC ini, Anda bisa melakukan proses pembayaran dengan mudah dan praktis tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Meski begitu, ada juga varian Mi Band yang tidak menyematkan fitur NFC di dalamnya. Anda tinggal memilih yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Mi Band 5

Kelebihan dari Mi Band 5 ini seperti sudah dibekali dengan layar AMOLED yang cerah, memiliki fitur PAI dan NFC (versi NFC), dan menggunakan pengisi daya magnet.

Selain itu, juga sudah dilengkapi dengan fitur kesehatan yang lengkap, termasuk memantau menstruasi wanita dan tersedia hingga 100 watchface dengan opsi animasi bergerak.

Sedangkan, kekurangan dari Mi Band 5ini tidak memiliki pengaturan kecerahan otomatis, daya tahan baterai kurang bagus, dan peningkatan hardware tidak terlalu signifikan dibanding dengan versi sebelumnya.

Tips Memilih Smartband Berkualitas

Popularitas smartband yang terus meningkat membuat berbagai produsen meramaikan pasaran dengan produk terbaiknya. Agar Anda bisa mendapat smartband berkualitas yang sesuai dengan keinginan, sebaiknya ikuti tips sebagai berikut:

Manakah yang Lebih Bagus, HONOR Band 5 vs Mi Band 5

Pada dasarnya, HONOR Band 5 dan Mi Band 5 merupakan smartband dengan harga murah yang memiliki berbagai fitur dan keunggulan menarik. Tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keinginan Anda saja. Mana yang sekiranya lebih nyaman dan mudah penggunannya menurut Anda.

Bila Anda lebih suka menggunakan smartband berukuran kecil dan memiliki daya baterai lebih awet, Anda bisa memilih HONOR Band 5. Sementara jika Anda lebih suka smartband dengan ukuran lebih besar, Mi Band 5 adalah pilihan terbaik.

Kesimpulan

Referensi

  1. Honor.com (2019), HONOR Band 5, https://www.hihonor.com/id/products/wearables/honorband5/
  2. Xiaomi (2019), Mi Smart Band 5, https://www.mi.com/global/mi-smart-band-5/
  3. Gearbest (2019), How to Choose a Smart Band, https://www.gearbest.com/blog/how-to/how-to-choose-a-smart-band-6148



Belanja




Share this: