Cek Resi



Belanja

10 Rekomendasi Sepatu Kantor untuk Kenyamanan Bekerja

Sepatu kantor tentu berbeda dengan sepatu yang digunakan saat berkegiatan sehari-hari lainnya. Mulai dari model, warna dan bahannya. Ini karena fungsi sepatu kantor adalah spesifik sebagai mempertegas penampilan, karena busana kantor pada umumnya harus terlihat rapi dan formal.

Banyak produsen sepatu menawarkan beragam jenis sepatu kantor, mulai dari harga puluhan ribu sampai dengan harga jutaan. Namun, untuk mendapatkan sepatu kantor terbaik, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal, seperti kualitas bahan, sol, ukuran, serta mereknya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa sepatu kantor untuk pria dan wanita lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai sepatu kantor serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik sepatu kantor

Secara umum, sepatu kantor ada dua jenis. Pertama, jenis Oxford yang berbahan kulit, punggung kaki rendah dan sol tipis. Kedua, jenis Brogues yang memiliki bercorak lubang-lubang kecil di permukaannya. Jenis ini juga biasanya berciri wingtip di ujung depannya. Keduanya sangat cocok digunakan untuk situasi formal hingga semi-formal di kantor..

Selain untuk momen formal, sepatu kantor juga cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari selama di kantor, termasuk hang-out bersama rekan kerja. Hal ini tidak lepas dari karakter sepatu kantor yang stylish dan elegan, sehingga masyarakat terutama anak muda sangat menggemarinya.

Anda bisa memilih jenis Oxford untuk kegiatan formal di kantor. Karena jenis ini menunjukkan kesan tegas dan modelnya lebih stylish. Namun, untuk Anda yang ingin lebih fashionable, maka Anda bisa memilih jenis Brogues.

Oleh karena itu, saat Anda memilih sepatu kantor, perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah sepatu kantor hanya dipakai saat ke kegiatan formal, atau dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Perhatikan ukuran sepatu kantor yang akan Anda beli

Beda produsen biasanya memiliki standar ukuran sepatu yang berbeda pula. Untuk memastikan secara tepat ukuran yang tepat untuk Anda, ukurlah telapak kaki Anda dengan melebihkan setengah dari ukuran sepatu kantor.

Karena bahan sepatu formal yang cenderung kaku, ukuran yang kekecilan dapat membuat kaki Anda lecet dan tidak nyaman saat digunakan, dan tentunya akan mengganggu performa kerja Anda. Begitu pula jika sepatu terlalu longgar.

Perhatikan kualitas bahan

Mempertimbangkan jenis bahan dalam memilih sepatu kantor sangat penting. Memilih sepatu untuk dipakai ke kantor sebaiknya yang berbahan fleksibel tapi kokoh.

Biasanya, sepatu formal identik dengan bahan kulit dan suede. Namun kebanyakan orang menghindari jenis bahan suede karena membersihkannya cukup sulit. Sedangkan sepatu berbahan kulit adalah jenis yang paling tahan lama, baik kulit asli atau kulit sintesis, sehingga aspek ini yang sering menjadi pertimbangan.

Perhatikan bagian sol sepatu

Perhatikan pula solnya. Untuk sepatu formal, semakin tipis sol maka semakin terkesan resmi. Pastikan bahan sol yang digunakan di sepatu berbahan tipis namun kokoh dan tetap berdaya cengkram.

Ada dua jenis sol, yaitu sol karet dan sol kulit. Mengenai ketahanan, kedua bahan tersebut tidak memiliki perbedaan yang berarti dalam hal waktu bertahan. Namun keduanya bisa menggambarkan dua kesan yang berbeda. Sol kulit biasanya memberi kesan tegas dan professional, sedangkan sol karet lebih terkesan fleksibel.

Pastikan pula sol memiliki ketahanan yang kuat sehingga bisa melindungi kaki dari benturan atau pun sesuatu yang tajam yang bisa melukai kaki Anda.

Perhatikan hak sepatu

Semakin tipis sol bawah, maka kesan yang ditimbulkan semakin formal. Lalu bagaimana dengan sepatu hak? Sepatu hak dengan desain dan warna tertentu, misalnya desain loafer dengan warna gelap, mampu menunjang kesan formal dan kerapihan. Tapi sepatu hak bisa memberikan beragam kesan dari rekan kerja.

Sesuaikan tinggi hak agar berjalan menjadi nyaman, apalagi untuk beraktifitas di kantor. Dalam memilih sepatu berhak, khususnya wanita, pilihlah sepatu dengan ukuran yang benar-benar pas. Meski kurang disarankan, namun sepatu hak memang bisa memberikan kepercayaan diri lebih kepada wanita, khususnya.

Perhatikan konstruksi sepatu

Tentu cara pembentukkan sepatu menentukan keawetan sepatu. Sepatu yang dijahit asal tentu tidak akan bertahan karena jahitannya akan lepas dalam hitungan waktu. Sepatu biasanya dibentuk dengan metode jahit dan ditempel dengan lem.

Sepatu formal untuk ke kantor yang berciri khas sol tipis lebih tepat dibuat dengan metode jahit blake welting, yaitu dengan dijahit di bagian dalam. Ini membuat sepatu jadi lebih fleksibel digunakan.

Perhatikan aspek warna sepatu

Dalam memilih sepatu, menentukan warna yang akan dibeli juga penting. Jangan sampai memberikan kesan monoton apalagi di hadapan rekan kerja.

Sepatu kantor yang formal identik dengan warna hitam atau warna gelap untuk memberikan kesan rapi dan tegas, Tak jarang orang menghindari warna cerah agar tidak menghilangkan kesan tersebut. Tapi jangan lupa sesuaikan juga sepatu kantor dengan gaya dan warna pakaian yang dikenakan.

Perhatikan berat sepatu

Sepatu formal secara kesan terlihat berat. Tapi sebenarnya sepatu formal yang baik adalah yang nyaman dan ringan agar tidak membebani kaki. Apalagi jika Anda akan menggunakan sepatu tersebut untuk kegiatan penting dan formal sekaligus untuk berkegiatan sehari-hari di kantor.

Cara merawat sepatu kantor agar lebih awet

Agar sepatu kantor Anda tetap bersih, nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sepatu kantor:

10 Rekomendasi sepatu kantor terbaik untuk kenyamanan bekerja

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sepatu kantor lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sepatu kantor terbaik untuk kenyamanan bekerja dari berbagai merek berikut ini:

10. Crocodile Leather Shoes Black SPR03


Harga : Rp 250.000

Elegan, kuat dan tidak mudah rusak

Crocodile merupakan salah satu brand terbaik di Asia yang terkenal dengan produk garmen laki-laki. Brand asal Singapura ini mengusung kualitas dan fungsionalitas produk garmen mereka.

Salah satu produknya yang banyak dicari adalah sepatu kulit hitam SPR03. Sepatu dengan warna hitam pekat dan material kulit asli ini cocok dipakai untuk situasi formal apapun, karena modelnya yang netral minim corak.

Sepatu kulit hitam SPR03 dirancang dengan jahitan yang rapi dan bagian jari berbentuk square. Outsole-nya anti slip sehingga tetap berdaya cengkram kuat meski tipis.Anda bisa membeli sepatu ini di Blibli.

9. Salvare SS-004 Formal Loafer Shoes


Harga : Rp 280.000

Cocok untuk kegiatan formal dan mendukung penampilan

Dengan sol agak tebal namun tetap minim corak, sepatu formal ini cocok digunakan di segala situasi formal dan semi-formal. Anda akan tetap terlihat rapi dan elegan di hadapan rekan kerja Anda.

Warna hitam pekat membuat sepatu ini pun cocok dipadankan dengan busana semi-formal hingga casual. Sepatu ini dilengkapi outsole yang terbuat dari karet sehingga mendukung gerak Anda secara fleksibel, juga ringan dan lentur.

Bahan kulit polyester-nya mendukung ketahanan sepatu Anda, apalagi jika Anda hanya menggunakannya dibeberapa kesempatan formal. Anda bisa membeli sepatu ini di Bibli.

8. Born Neo Tan Leather Shoes


Harga : Rp 300.000

Menampilkan kesan berkelas dan easy going

Sepatu kantor Born Neo ini dirancang dengan material PVC di outsole-nya yang nyaman digunakan karena fleksibel namun tetap kokoh dan tentunya dilengkapi slip-on shoes.

Desain trendy dengan warna Tan siap memberikan kesan terbuka. Material dari kulit asli dengan jahitan stitching yang rapi. Bagian upper juga dibuat dengan karet elastis yang mendukung gerak bebas Anda.

Dengan alas kaki elastis membuat Anda menjadi lebih nyaman berkegiatan, meski di situasi formal. Meski bahan kulit aslinya bertekstur namun ketahanan sepatu dijamin. Anda bisa membeli sepatu ini di Blibli.

7. Brodo Signore E+ BS – Vintage Brown


Harga : Rp 685.000

Desain yang cocok untuk lingkungan kantor yang fleksibel, namun tetap bergaya

Model sepatu ankle boot juga tetap cocok dikenakan di situasi formal, dan pastinya jadi lebih bergaya saat dikenakan di situasi casual. Dengan desain yang minim corak namun trendi, cocok untuk Anda yang ekspresif.

Terdapat eyelet di kulitnya yang menambah dekorasi. Dengan jahitan yang rapi, sepatu ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba tampil formal namun tetap fashionable.

Sepatu ini dibuat dari bahan CH leather pada bagian upper-nya.Sedangkan untuk bagian insole menggunakan bahan fabric dan plyfoam sehingga nyaman digunakan meski dalam waktu lama.Anda bisa membeli sepatu ini di Shopee.

6. Blackkelly GEI Leather Formal Shoes


Harga : Rp 600.000

Dilengkapi dengan hak rendah yang mendukung penampilan berkelas Anda

Blackkelly ternyata brand khas tanah air, lebih tepatnya dari Bandung. Brand ini memiliki ciri khas desain yang sederhana namun berkesan kuat. Terutama untuk produk sepatu pria ini.

Minim corak dan dekorasi, dengan warna hitam pekat. Namun desain produknya membuat sepatu ini cocok pula digunakan di situasi non-formal, apalagi untuk berkegiatan sehari-hari di kantor.

Bagian upper sepatu ini dibuat dari bahan karet elastis yang mendukung kenyamanan Anda. Untuk outsole pun terbuat dari rubber yang fleksibel dan slip-on. Anda bisa mendapatkan sepatu ini di Blibli.

5. Catenzo High Heels JBG


Harga : Rp 350.000

Memberi kesan fashionable dan penuh percaya diri

Sepatu kantor yang identik dengan nuansa formal, ternyata tidak melulu bergaya kaku. Anda dapat tampil lebih bergaya namun tetap elegan dengan sepatu berhak dengan warna hitam pekat.

Produk asli Indonesia ini ternyata juga diproduksi secara handmade. Bahan kulit sintesis yang cocok untuk dipakai di situasi formal hingga casual dengan desain trendy.

Sol terbuat dari fiber dengan panjang hak 6 cm. Ukuran yang cukup untuk mendukung penampilan Anda namun tetap nyaman untuk berkegiatan sehari-hari di kantor.Anda bisa membeli sepatu ini di Blibli.

4. REV Flatshoes VPD05


Harga : Rp 199.000

Corak yang dekoratif namun tetap nyaman dilihat

Dengan warna hitam yang tidak terlalu pekat, sepatu ini bisa menjadi fashion item Anda yang dapat dipadankan dengan baju minim corak berwarna apapun.

Tampilannya juga membuat sepatu ini dapat digunakan baik untuk situasi formal ataupun non-formal, namun tetap memberi kesan rapi terutama di lingkungan kantor dengan hak sepanjang 3 cm.

Tidak hanya itu. Sepatu ini dibuat dari bahan kulit sintetik di bagian upper dan rubber di bagian outsole yang memberi kenyamanan gerak.Anda bisa membeli sepatu ini di Blibli.

3. Bettina Johana Heels


Harga : Rp 899.000

Berkelas, elegan dan stylish

Sepatu kantor wanita dengan heels ini didesain dengan warna coklat burgundy yang indah. Di situasi formal, sepatu ini bisa menjadi pencuri perhatian. Desain dengan sentuhan mewah di bagian depan menambah kesan kelas.

Material sepatu ini dari kulit sintesis yang minim tekstur. Pada bagian aksesoris dan upper terbuat dari PVC sole. Anda bisa membeli sandal ini di Lazada.

2. Emorishe Pantofel for Women


Harga : Rp 225.000

Berwarna cerah untuk kesan ekspresif namun tetap formal

Sepatu berwarna putih ini cocok digunakan baik untuk situasi formal hingga non-formal, terutama di lingkungan kantor dengan beberapa rekan bisnis.

Desain yang polos adalah kuncinya, karena sepatu ini mengaplikasikan warna putih di upper dan peach di insole yang memberi kesan pribadi yang tertata.

Selain itu, dengan hak rendah, mampu mendukung penampilan Anda agar lebih percaya diri. Bagian upper terbuat dari kulit sintesis premium. Anda bisa membeli sepatu ini di Shopee.

1. Meyfah Monica Heels


Harga : Rp 317.000

Formal dan tetap bergaya dengan warna cerah

Sepatu yang diperuntukkan untuk wanita ini didesain khusus dengan tali atau buckle strap dan hak setinggi 4 cm, serta ornamen sederhana di ujung depan. Membuat kesan berkelas dan trendy bagi pemakainya.

Dengan bahan kulit sintetis yang bertekstur halus, mudah dibersihkan sehingga warnanya tetap terjaga. Anda bisa membeli sepatu ini di Lazada.

Kesimpulan

Referensi

  1. Shoezone(2019), Women's Shoe Style Guide: The Low Down On Types of Ladies Footwear, https://www.shoezone.com/Womens/Womens-Shoe-Styles
  2. Tamar Najarian (2019), Best Office Shoes for Women: Tips for Choosing Work Shoes, https://glowsly.com/best-office-shoes-for-women/



Belanja




Share this: