Cek Resi



Belanja

10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik untuk Bisnis Kue Rumahan

Membuat kue merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah, namun menyenangkan. Wajar saja kalau tidak sedikit yang memiliki hobi membuat kue.

Nah, kalau Anda merupakan salah satu yang hobi membuat kue, bagaimana kalau coba membuka bisnis kue? Tak perlu sewa gedung atau kantor. Cukup dikerjakan di rumah saja. Peralatannya pun tidak sulit. Sebut saja oven gas.

Oven gas merupakan alat pemanggang yang paling tepat digunakan untuk bisnis kue rumahan. Ukurannya yang besar membuat oven gas dapat memanggang banyak kue dalam sekali proses memanggang. Tak heran kalau banyak yang menggunakan oven gas untuk bisnis kue rumahan.

Saat ini, sudah tersedia banyak merek dan model dari oven gas yang bisa Anda gunakan untuk bisnis kue rumahan. Namun, banyaknya pilihan tersebut tentu akan membuat Anda sulit menentukan oven gas terbaik untuk bisnis kue rumahan.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi oven gas terbaik untuk bisnis kue rumahan dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai oven gas serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik oven gas

Secara umum, oven memiliki tiga jenis. Pertama, oven gas yang sumber panasnya berasal dari gas LPG. Kedua, oven listrik yang menggunakan listrik sebagai sumber panasnya. Ketiga, oven konvensional yang sumber panasnya menggunakan tenaga listrik dan gas LPG.

Selain digunakan untuk memanggang kue untuk camilan di rumah, oven gas juga dapat digunakan untuk menjalankan bisnis kue rumahan. Hal ini tidak lepas dari karakter oven gas yang memiliki tahan lama dan kokoh sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih oven gas. Karena jenis oven ini memiliki kapasitas tampungan isi yang besar dalam sekali memanggang. Namun untuk Anda yang memiliki dana lebih, maka Anda bisa memilih oven konvensional.

Oleh karena itu, saat memilih oven gas perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah oven gas hanya akan digunakan untuk kegiatan memanggang kue di rumah, atau juga digunakan untuk bisnis kue rumahan.

Perhatikan ukuran oven gas

Oven gas memiliki berbagai ukuran yang berbeda. Umumnya ukuran dari oven gas terbilang cukup besar. Hal ini karena oven gas memiliki kapasitas tampungan isi yang cukup besar dalam sekali panggang.

Agar tidak terlalu mepet atau sumpek, sebaiknya Anda pastikan dulu ukuran oven gas sudah sesuai dengan ketersediaan ruangan di dapur Anda. Dengan begitu, kegiatan memanggang kue dapat terlaksana dengan nyaman.

Perhatikan material oven gas

Sebelum memilih oven gas, sebaiknya Anda mencari tahu dahulu seputar material oven gas yang baik untuk bisnis kue rumahan. Karena beberapa brand tentunya memiliki material yang berbeda dalam membentuk produk oven gasnya.

Tiap material memiliki kelemahan dan kelebihannya tersendiri. Misalnya saja material stainless steel yang cenderung lebih kokoh dan kuat, atau zincalume yang ringan dan tahan lama. Setelah mencari informasi seputar material, Anda akan jadi lebih mudah menentukan oven gas terbaik untuk bisnis rumahan.

Periksa sistem pengapiannya

Yang satu ini termasuk hal yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli oven gas terbaik untuk bisnis rumahan. Sistem pengapian memiliki peran sangat penting dalam menentukan hasil panggangan kue Anda.

Pilih oven gas yang memiliki sistem pengapian atas bawah. Selain itu, pilih juga yang dapat mengalirkan gas serta besar api dengan merata. Alangkah baiknya bila Anda meminta penjual mencoba sistem pengapiannya untuk memastikan kualitas dari oven gas tersebut.

Pilih merek terpercaya

Hingga saat ini, ada berbagai merek oven gas yang bisa Anda temukan. Eits, bukan berarti Anda bisa asal pilih sembarangan saja ya. Agar tidak salah membeli, sebaiknya Anda memilih oven gas terbaik untuk bisnis rumahan dari merek terpercaya.

Oven gas dari merek terpercaya biasanya sudah memiliki kualitas barang dan pelayanan terbaik. Ingat, jangan langsung tergiur dengan harga murah. Karena kualitas oven gas juga dapat mempengaruhi hasil panggangan Anda

Cara merawat oven gas agar lebih awet

Agar oven gas Anda tetap bersih, nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat oven gas:

10 Rekomedasi oven gas terbaik untuk bisnis kue rumahan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang oven gas lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi oven gas terbaik untuk bisnis kue rumahan dari berbagai merek berikut ini:

10. Hock HO-GA103 Oven Gas


Harga : Rp 756.500

Sudah termasuk piring panggangan ayam

Hock HO-GA 103 Oven Gas adalah panggangan berbahan bakar gas yang dilengkapi dengan sistem pembakaran gas di bawahnya. Oven gas ini sangat mudah digunakan. Cukup dengan menyambungkan selang oven gas ini ke tabung gas seperti layaknya kompor gas.

Oven gas ini memiliki body yang terbuat dari alumunium tebal. Sehingga memiliki sifat anti karat yang kuat dan tahan lama.

Hock HO-GA 103 Oven Gas juga dilengkapi dengan sistem pengaman anti bocor. Dengan demikian, aliran gas dapat diputus secara otomatis ketika api padam.

Selain itu, Hock HO-GA103 Oven Gas ini sudah termasuk dengan dua piring kue (31,15cm x 31,15cm), satu piring kawat (31,15cm x 31,15cm), serta sebuah piring panggangan ayam. Anda bisa membeli oven gas ini di Shopee.

9. OEM Oven Gas Stainless


Harga : Rp 1.550.000

Dilengkapi dengan kaki oven yang tinggi

Oven gas keluaran brand OEM ini memiliki diameter 60 x 40 x 50 cm yang memungkinkan Anda untuk meletakkannya di dapur rumah. Seperti namanya, OEM Oven Gas Stainless ini terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat dan tahan lama.

Alat pemanggang ini memiliki sistem pengapian atas bawah. Artinya oven gas ini memungkinkan Anda untuk mendapat hasil panggangan terbaik. Menariknya, oven gas OEM ini sudah termasuk dengan kaki oven agar tidak terlalu menempel di lantai.

Selain itu, pembelian OEM Oven Gas Stainless ini juga sudah termasuk dengan dua buah loyang, thermometer, pemantik, selang, serta regulator untuk menyalurkan aliran gas ke oven. Anda bisa membeli oven gas ini di Shopee.

8. Modena BO-2663 Oven Gas Prifilo


Harga : Rp 7.571.000

Semakin nyaman dengan teknologi keselamatan gas

Berbicara tentang peralatan dapur, rasanya sulit meninggalkan nama Modena. Brand satu ini juga memiliki berbagai produk oven gas. Salah satunya adalah Modena BO-2663 Oven Gas Profilo.

Oven gas berdesain modern dan elegan ini memiliki berbagai fitur terbaik untuk kenyamanan memanggang Anda. Terdapat lampu terpisah yang dapat Anda nyalakan bila oven gas tersebut sedang tidak digunakan.

Modena BO-2663 Oven Gas Profilo memiliki elemen pemanas di bagian atas yang dapat menyala dengan maksimal. Tujuannya untuk memberikan efek matang merata di permukaan makanan.

Selain itu, Modena BO-2663 Oven Gas Profilo juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan gas yang memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan memanggang dengan rasa aman dan nyaman. Anda bisa membeli oven gas ini di Shopee.

7. SAT SAT-OVEN BTF Butterfly Oven Gas


Harga : Rp 871.000

Untuk harga murah yang tidak murahan

Ingin memulai bisnis kue rumahan dengan modal minim? Kalau begitu SAT SAT-OVEN BTF Butterfly Oven Gas bisa jadi solusi Anda. Hanya dengan menggelontorkan kurang dari satu juta rupiah, Anda bisa mendapat oven gas dengan kualitas yang tidak murahan ini.

Body SAT SAT-OVEN BTF Butterfly Oven Gas terbuat dari bahan alumunium tebal yang anti karat, kuat, serta tahan lama. Sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang. Oven gas ini juga dilengkapi dengan thermometer yang memudahkan Anda untuk mengatur suhunya.

Selain itu, oven ini juga dilengkapi dengan dua rak pemanggang yang memungkinkan Anda untuk memanggang banyak kue dalam sekali proses memanggang. Anda bisa membeli oven gas ini di Shopee.

6. Beko BIGT22102X Stainless Steel Oven Tanam Gas


Harga : Rp 5.499.999

Kesan mewah dalam kapasitas besar

Bosan dengan model oven gas yang itu-itu saja? Bagaimana kalau mencoba oven gas dengan desain menawan ini. Perkenalkan Beko BIGT22102X. Oven tanam gas keluaran brand Beko ini memiliki desain elegan yang dapat menambah kesan mewah di dapur Anda.

Tidak hanya penampilannya, oven tanam gas ini juga memiliki berbagai fitur yang tidak kalah menariknya. Dengan dimensi berkisar 56.4 x 56.7 x 59.5 cm, Beko BIGT22102X memiliki kapasitas yang besar. Bahkan dapat menampung hingga 66 L.

Selain itu, oven tanam gas ini juga dilengkapi dengan pengatur waktu mekanik serta rak samping lima tingkat yang mudah dilepas. Ada pula kipas pendingin serta lampu interior dalam kompornya. Anda bisa membeli oven gas ini di Shopee.

5. Getra RFL-11SS Gas Baking Oven


Harga : Rp 5.150.000

Desain terbaik untuk hasil panggangan sempurna

Getra RFL-11SS Gas Baking Oven merupakan produk alat pemanggang dari barang Getra. Seperti namanya, oven ini menggunakan gas sebagai sumber panasnya. Anda bahkan bisa menggunakan tabung gas LPG 20Kg.

Oven gas ini memiliki bagian body yang terbuat dari perpaduan antara stainless steel dan burner. Getra RFL-11SS Gas Baking Oven juga dilengkapi dengan new handle design yang menambah kesan modern pada desainnya.

Ada pula digital temperature display yang memudahkan Anda untuk mengontrol suhu pemanggang di dalam oven. Sehingga hasil panggangan akan lebih sempurna. Anda bisa membeli oven gas ini di Shopee.

4. Primax PMX PCH10409 Pizza Oven


Harga : Rp 7.600.000

Bisa digunakan untuk memanggang pizza

Siapa yang tidak suka pizza? Panganan asal Italia ini telah menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Anda juga bisa menjadikan pizza sebagai salah satu menu dalam bisnis kue rumahan Anda.

Perkenalkan, Primax PMX PCH10409 Pizza Oven. Seperti namanya, oven berbahan bakar gas LPG ini dapat digunakan untuk memanggang pizza. Karena menggunakan gas LPG, panas yang dihasilkan dapat merata dan makanan menjadi cepat matang.

Primax PMX PCH10409 Pizza Oven ini juga dilengkapi dengan thermometer di depan pintu oven yang berfungsi untuk memperlihatkan suhu di bagian dalamnya. Anda bisa membeli oven gas ini di Blibli.

3. Domo DG 9405 SL Kompor Freestanding Cooker


Harga : Rp 5.390.000

Solusi untuk dapur minimalis

Domo DG 9405 SL Kompor Freestanding Cooker sebenarnya merupakan kompor gas yang memiliki empat tungku. Namun, oven gas ini juga dilengkapi dengan fitur oven gas yang dapat menghemat penggunaan ruangan di dapur Anda.

Freestanding cooker ini terbuat dari bahan metal berwarna hitam. Sementara bagian penutup atas kompornya terbuat dari material Kristal. Pada oven gasnya sendiri terdapat dua lapis kaca yang dapat memberikan kematangan merata pada makanan.

Penggunaan alat pemanggang seperti ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak ruang di dapur untuk meletakkan oven gas serta kompor gas. Anda bisa membeli oven gas ini di Shopee.

2. Black Oven 90 Zeppelin


Harga : Rp 4.860.000

Untuk panas merata yang hemat gas

Black Oven 90 Zeppelin ini merupakan oven gas berukuran 90 x 56 x 74 cm yang memiliki dua pintu. Terbuat dari bahan yang tebal. Pada bagian platnya sendiri terdapat bahan anti karat yang 100% baru!

Desain dan konstruksi dari Black Oven 90 Zeppelin merupakan full press body 100%. Sehingga lebih kuat dan tahan lama. Body oven gas ini sendiri dilapisi oleh Isolator Rockwool. Dengan begitu, daya panas akan terasa lebih lama dan merata.Pemakaian gasnya pun lebih hemat.

Pipa api yang digunakan pada oven ini merupakan bahan baru dan tebal. Penggunaan teknologi laser pada oven ini pun membuat pori-pori api yang dihasilkan menjadi merata dan makanan dapat matang sempurna. Anda bisa membeli oven gas ini di Shopee.

1. Kiwi Stainless Steel Oven Gas


Harga : Rp 4.300.000

Dari material berkualitas untuk hasil panggangan maksimal

Ingin memiliki oven gas yang terbuat dari material berkualitas? Kalau begitu harus coba Kiwi Stainless Steel Oven Gas ini. Sesuai namanya, oven gas satu ini memiliki body yang terbuat dari material stainless steel yang kuat dan tahan lama.

Oven gas ini memiliki dua pintu yang memungkinkan Anda untuk memanggang jumlah banyak dalam sekali jalan. Raknya sendiri terbuat dari material kawat dan hollow yang kuat dan dapat menghantarkan panas.

Sementara untuk pipa apinya sendiri terbuat dari material pipa hitam. Sehingga gas dapat tersalurkan dengan baik dan memberikan api yang panas merata ke dalam oven. Anda bisa membeli oven ini di Blibli.

Kesimpulan

Referensi

  1. Edible Garden (2020), Types of Ovens – How to Choose An Oven, https://www.cookingandme.com/2010/05/31/types-of-ovens-how-to-choose-oven/.
  2. SFGate (2020), How to Choose a Freestanding Gas Oven, https://homeguides.sfgate.com/choose-freestanding-gas-oven-24032.html.
  3. Thor Kitchen (2020), 10 Oven Maintenance Tips to Take Care of Your Oven, https://thorkitchen.com/oven-maintenance-tips/.



Belanja




Share this: