Cek Resi



Belanja

10 Kelebihan Samsung Galaxy Tab A with S Pen, Tabletnya Para Pelajar

Sebagai brand ternama, Samsung telah merilis banyak jenis smartphone dengan kualitas yang bagus dan andal. Tidak terkecuali dengan versi tabletnya, di mana produk-produk dari Samsung banyak diburu oleh masyarakat.

Salah satu tablet Samsung yang cukup mencuri perhatian adalah Galaxy Tab A. Tipe ini diluncurkan pada tahun 2019 lalu. Harga Samsung Galaxy Tab A juga terbilang terjangkau untuk kalangan menengah.

Galaxy Tab A memiliki beberapa tipe, salah satunya Galaxy Tab A with Stylus Pen. Tipe ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas apa pun yang Anda sukai.

Selain itu, Galaxy Tab A with Stylus Pen ini juga dapat mendukung para pelajar untuk lebih giat belajar karena sudah dilengkapi dengan fitur edukatif, seperti Ruang guru.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini kami sajikan 10 kelebihan Samsung Galaxy Tab A with S Pen, di mana tablet ini juga sering disebut dengan “tabletnya para pelajar”. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan berbagai hal tentang Samsung Galaxy Tab series.

Sekilas tentang Samsung Galaxy Tab series

Samsung menjadi salah satu smartphone yang pertama kali menggunakan OS Android pada tahun 2009. Smartphone yang diproduksi saat itu adalah Samsung Galaxy.

Pada perkembangan selanjutnya Samsung Galaxy memiliki berbagai seri mulai dari Galaxy S, Galaxy Core, Galaxy M series, galaxy Note, hingga Galaxy Tab.

Samsung Galaxy Tab pertama diproduksi pada tahun 2010. Ciri khas tablet ini adalah ukurannya yang mencapai 7 inci dan 10 inci.

Pada tahun-tahun berikutnya Galaxy Tab terus merilis seri terbaru mereka. Seri tersebut, seperti Galaxy Tab 2 hingga Tab 4, Galaxy Tab Pro, Galaxy Tab Active, Galaxy Tab A (beberapa serinya juga), Galaxy S hingga seri Galaxy S7 yang hadir di tahun ini.

Galaxy Tab menjadi salah satu tablet yang paling diminati di Indonesia. Tidak kalah dari pesaing beratnya seperti Apple, Huawei dan Lenovo. Masyarakat cukup merespon baik setiap inovasi serinya yang dapat mendukung kegiatan berkreasi, belajar, bekerja, ataupun hiburan.

Dengan menjadi brand tablet ternama dan berkelas, Galaxy Tab memberikan harga yang sebanding dengan kualitasnya.

Ada beberapa alasan yang menjadikan Samsung Tab banyak diminati, salah satunya adalah multitasking.

Selain itu, adanya kamera depan dan belakang juga menjadi kelebihan tersendiri dibanding tablet lainnya. Untuk ukurannya juga tergolong lebih ringkas, tanpa mengurangi kinerjanya yang bagus.

Tablet buatan Samsung juga tidak hanya bagus untuk hiburan atau permainan. Namun banyak diantaranya yang didesain untuk mendukung pembelajaran, pekerjaan, hingga hobi yang penuh kreativitas. Tak ketinggalan anak-anak dan ibu rumah tangga juga cocok memakainya.

Anak-anak memang cenderung suka bermain tablet. Layarnya yang lebar semakin membuat mereka leluasa untuk bermain. Bahkan untuk seri Tab A plus stylus pen, tergolong sangat ramah anak dan membantu para pelajar.

Dengan varian harga yang menjangkau kalangan bawah hingga atas, membuat tablet buatan Samsung semakin laris di pasaran.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A with Stylus Pen

Salah satu seri yang terbaik dari Galaxy Tab adalah Galaxy Tab A with S Pen. Tablet ini dirilis pada April 2019 lalu. Apa saja spesifikasi tablet yang identik dengan para pelajar ini. Berikut spesifikasi lengkapnya :

Chipset : Exynos 7904 (14 nm)
CPU : Octa-core (2 x 1,8 GHz Cortex-A73 & 6 x 1,6 GHz Cortex-A53 )
GPU : Mali-G71 MP2

RAM : 3GB
Memori Internal : 32 GB
Memori Eksternal : microSD hingga 512 GB

Baterai : Li-Po 4200 mAh (tidak bisa dilepas)
OS : Android 9.0 Pi; One UI
Warna: Hitam, Abu-abu

Ukuran layar : 8.0 inch
Jenis layar : IPS LCD layar sentuh
Resolusi : WUXGA 1920 x 1200 pixels

Jaringan : 2G, 3G, 4G
SIM Card : Nano-Sim, Singgle SIM
Dimensi : 201.5 x 122.4 x 8.9 mm
Berat : 325 gram

Kamera Utama : 8MP
Kamera Depan : 5MP
Konektivitas: Wifi, Bluetooth, Hotspot / Tethering, GPS

10 Kelebihan Samsung Galaxy Tab A with S Pen

Setelah Anda mengetahui sekilas tentang Galaxy Tab series dan spesifikasi Galaxy Tab A with S Pen, berikut ini 10 kelebihan Samsung Galaxy Tab A with S pen :

1. Memudahkan para pelajar

Samsung Galaxy Tab A with S pen ini menyasar kalangan menengah dengan harga yang cukup terjangkau.

Tablet ini juga bekerjasama dengan ruang guru. Aplikasi ruang guru tersebut memudahkan pelajar dalam mengakses ribuan video pembelajaran, latihan soal dan rangkuman berbentuk info grafis untuk semua pelajaran.

Video pembelajaran pada Ruang guru tersedia mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA. Kurikulum yang digunakan pada aplikasi ini juga kurikulum standar nasional.

Pembeli Galaxy Tab A with S Pen akan mendapatkan penawaran terbatas berupa free license dari ruang guru selama satu bulan. Dengan fasilitas ini Samsung terlihat ingin terlibat secara langsung dalam kemajuan pendidikan daring di Indonesia

2. Ramah anak-anak

Galaxy Tab A with S Pen ini dirancang untuk memudahkan anak-anak dalam belajar. Dengan layar yang berukuran 8 inci dan screen to body ratio 76,5 persen, anak- anak tidak perlu lagi mendekatkan wajahnya ke layar untuk melihat gambar.

Produk ini juga memiliki fitur yang ramah anak yaitu fitur kids home. Fitur ini jika diaktifkan antar muka tablet akan berubah menjadi ramah untuk anak-anak. Dengan fitur ini juga konten-konten pada tablet akan difilter supaya lebih aman untuk anak-anak.

Anda juga akan memperoleh Dreambox Parental Control free license selama satu bulan, jika membeli tab ini. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan para orang tua dalam memantau kegiatan belajar anak.

Selain memantau kegiatan belajar, para orang tua juga bisa memblokir situs-situs atau konten yang tidak diinginkan dan memantau penggunaan tablet anak-anak mereka.

Orang tua juga dapat mengetahui keberadaan anak lewat aplikasi Dreambox Parental Control tersebut, sehingga anak-anak bisa terus diawasi. Dengan begitu orang tua tidak perlu was-was jika memberikan fasilitas smartphone di usia pelajar ataupun anak-anak.

3. Mendukung hobi menggambar dan mewarnai

Galaxy Tab A with S Pen tidak hanya cocok untuk anak-anak dan pelajar, tapi juga cocok untuk orang dewasa. Layarnya begitu luas yaitu 8 inci (1920 x 1200 pixel).

Tab ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan aktivitas seperti menggambar, mewarnai, menulis catatan, maupun aktivitas lainnya.

Selain itu, pekerja kantoran yang butuh tanda tangan dokumen digital on-the-go juga wajib memiliki tab ini.

Jika Anda pengguna kreatif yang butuh perangkat untuk membuat sketsa atau desain kapanpun dan dimanapun, tak ada salahnya untuk mencoba tablet ini. Bahkan ibu rumah tangga juga bisa menggunakan produk ini.

Tidak hanya berguna untuk keperluan komunikasi, produk ini juga pas untuk media sosial sekaligus mendukung aktivitas sehari-hari ibu rumah tangga, seperti membuat catatan belanja.

4. Adanya stylus pen yang tak perlu dicharging

Sesuai namanya galaxy Tab A versi terbaru ini mengusung tema pena digital yang dapat menulis layaknya di buku catatan.

Nantinya produk ini akan menjadi sebuah buku catatan digital, tidak hanya sebagai tablet standar. Pen-nya diletakkan pada bagian bawah tablet. Untuk mengeluarkannya cukup mudah yaitu hanya memencet ujung S Pen.

Stylus Pen pada Galaxy Tab A ini tidak perlu charging dan bisa langsung dipakai kapanpun. Pada body S Pen Anda akan menemukan satu tombol untuk memudahkan mengakses berbagai fitur pendukung lainnya. S Pen ini sudah mempunyai sertifikasi IP68 sehingga tahan air ataupun debu.

Selain adanya S Pen untuk keperluan catat mencatat juga ada aplikasi khusus, yaitu aplikasi Samsung Notes. Catatan tangan pada Samsung Notes nantinya juga dapat dikonversi ke karakter digital.

Dalam keadaan layarnya padam, pencatatanpun masih dapat dilakukan. Bahkan untuk kegiatan menggambar, tablet ini juga menyedikan aplikasi yang mendukungnya yaitu aplikasi Pen Up.

Adanya fitur kaligrafi juga menjadi nilai tambah tersendiri. Dengan fitur tersebut tulisan Anda akan lebih unik serta menarik.Anda juga bisa menikmati pengalaman layaknya memakai pena sungguhan.

5. Desain slim, ringan dan praktis

Desain dari Samsung Galaxy Tab A with S Pen terbilang standar, dengan menyajikan DNA khas tablet Samsung A-series yang dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Modelnya lumayan tipis dengan layar 8 inci dan masih tergolong slim, sehingga sangat nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, bobotnya ringan dan bisa dengan mudah dipegang dengan salah satu tangan saja.

Adapun Samsung Galaxy Tab A with S Pen memiliki aspect ratio 16:10. Bentuknya memanjang ke atas tidak melebar layaknya pada tablet Samsung lainnya yang biasanya menggunakan aspect ratio 4:3.

6. Ramah mata dan tidak mudah membuat lelah

Produk ini mempunyai fitur blue light filter yang bisa melindungi mata, saat melihat tampilan layar di kondisi gelap. Fitur ini bekerja dengan cara meredukasi efek berbahaya cahaya biru dari layar.

Anda hanya perlu mengaktifkan Night Mode pada pengaturan display. Hasilnya mata Anda akan tetap terasa nyaman walaupun berlama-lama menonton video maupun film di tablet.

Layar tab ini begitu pas untuk menikmati konten multimedia plus menampilkan beberapa konten sekaligus.

Selain itu, bagian belakang produk ini terdapat lapisan pelindung dengan bahan plastik. Sehingga cukup lembut saat disentuh serta tidak licin saat dipegang.

7. Daya tahan baterai yang bagus

Samsung Galaxy Tab A with S Pen memiliki daya tahan baterai yang cukup bagus meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar. Kapasitas baterai 4200 mAh, diklaim pihak Samsung mampu bertahan lama dalam pemakaian normal.

Pengisian daya baterai juga sudah menggunakan teknologi fast charging yang memungkinkan pengisian baterainya menjadi lebih cepat.

Performa tablet ini juga cukup mulus tidak ada lag yang terkadang mengganggu. Dengan RAM 3 GB dan memori internal hingga 32 GB memang terlihat kurang besar.

Namun,adanya micro SD dan One UI membuat aplikasi menjadi lebih banyak dan dapat menyita memori yang banyak bisa disimpan.

8. Audionya lantang serta didukung kamera yang mumpuni

Kualitas audio dari produk ini cukup lantang dan jernih. Jika menonton film secara streaming tanpa menggunakan headsetpun, suaranya terdengar cukup bagus.

Ada juga port jack audio 3.5mm yang sudah banyak ditinggalkan ponsel-ponsel kelas atas. Galaxy ini juga dilengkapi port USB Type-C dan slot hybrid untuk memasang micro SD atau SIM-card.

Untuk kameranya terbilang sederhana, tapi masih bagus. Kamera tersebut bisa mendukung foto sehari-hari,asalkan cahayanya ideal. Hal tersebut mengingat tablet ini memang tidak mengkhususkan kecanggihan kamera.

Adapun spesifikasi kameranya, pada bagian belakang 8 MP dan didukung LED flash. Sedangkan kamera depannya mencapai 5 MP coth, sangat membantu untuk melakukan video call.

Galaxy seri ini memiliki fitur continous shot. Fitur ini mampu merekam banyak gambar berurutan dengan hanya menekan tombol kameranya. Anda bisa menemukan navigasi video dan kamera pada layar yang sederhana juga mudah digunakan.

Kameranya juga dilengkapi fitur auto fokus. Berkat fitur tersebut Anda akan lebih mudah dalam mengambil gambar serta memindai barcode atau kode QR.

Selain itu, video dan gambarnya juga jadi tampak lebih jelas. Ditambah lagi tablet ini mendukung jaringan 4G LTE. Sehingga aktifitas streaming videomu akan semakin lancar dan bagus kualitasnya.

9. Didukung OS yang mumpuni

Kelebihan lainnya dari produk ini adalah menggunakan Android versi 9.0 Pie serta interface One UI. Dengannya tampilan transisi antar menunya bisa sangat lancar.

Android Pie juga mendukung penggunaan yang multitasking. Efeknya Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi ringan atau menengah secara bersamaan tanpa tersendat.

Untuk membuka banyak aplikasi dan game yang berat sekaligus, performa tablet ini sedikit menurun. Anda perlu mengkonfigurasi game tersebut menjadi medium agar bisa berjalan lancar.

Android Pie juga cukup mampu menjaga keamanan dan privasi tablet Anda dengan fitur lockdown yang disediakan.

10. Harga yang terjangkau

Dengan sejumlah kelebihan yang banyak dimiliki Samsung Galaxy Tab A with S Pen harganya terbilang cukup terjangkau dikisaran harga 3,7 jutaan.

Ditengarai yang membuat harganya lebih tinggi dari Galaxy Tab A biasa adalah adanya S pen yang cukup canggih. Namun demikian harga produk ini terbilang lebih terjangkau dibanding merek tablet lainnya yang memiliki stylus pen.

Kesimpulan

Referensi

  1. Yossie Dwi Prananto (2019), Review Samsung Galaxy Tab A with S Pen: Tablet Android 3 Jutaan dengan Fitur Mirip Galaxy Note, https://www.yangcanggih.com/2019/07/08/review-samsung-galaxy-tab-a-with-s-pen-tablet-android-3-jutaan-dengan-fitur-mirip-galaxy-note/
  2. Aqmal Maulana (2019), Review Samsung Galaxy Tab A 8.0 S Pen (2019) : Tablet multimedia Dibekali Stylus, https://technologue.id/review-samsung-galaxy-tab-a-8-0-s-pen-2019-tablet-multimedia-dibekali-stylus/
  3. Wikipedia, Samsung Galaxy Tab A,https://id.m.wikipedia.org/wiki/Samsung_Galaxy_Tab



Belanja




Share this: